Anji: Melindungi Hak atas Karya Cipta Itu Lebih Penting

Kompas.com - 31/01/2019, 22:01 WIB
Penyanyi dan pencipta lagu Anji saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPenyanyi dan pencipta lagu Anji saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan pencipta lagu Erdian Aji Prihartanto atau Anji merasa rencana pembuatan regulasi berkait Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan oleh Komisi X DPR RI kurang tepat.

Anji menilai ada klausul yang rentan menjadi ‘pasal karet’ dalam draf RUU yang sedang diajukan.

"Kalau buat saya pribadi, melindungi hak atas karya cipta itu yang lebih penting, tapi bukan mengatur proses penciptaan lagu," ungkap Anji saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Pelantun lagu "Dia" beranggapan bahwa beberapa pasal yang terdapat dalam draf RUU Permusikan bisa menghambat proses kreativitas para musisi dalam berkarya.

Baca juga: Anji: Bukan RUU, tapi Baru Draf RUU Permusikan

"Kalau proses penciptaan lagu itu dibatasi, ini jadi seperti bukan seni musik yang seharusnya," tegas Anji.

Anji menyarankan, sebaiknya lembaga terkait yakni DPR menyempurnakan kekurangan regulasi sebelumnya yang dirasa masih banyak kelemahan dan penerapan yang belum maksimal.

"Undang Undangnya (hak cipta) kan sudah ada sebenarnya, tapi tinggal disempurnakan juga tinggal dijalankan," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X