Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Mojokerto ke London, Alffy Rev Ingin Menduniakan Indonesia

Kompas.com - 06/02/2019, 12:51 WIB
Ati Kamil

Editor

KOMPAS.com -- Dengan memadukan lagu nasional dengan musik elektronik dan gamelan, seorang pemuda yang lahir di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, ingin membuat anak muda lebih mencintai Indonesia dan menjadikan Indonesia lebih dikenal di mata dunia.

Awwalur Rizqi Al-Firori, pemuda berusia 23 tahun yang biasa dipanggil Alffy Rev, ingin menduniakan Indonesia melalui musik.

"Saya ingin menduniakan Indonesia dengan karya saya, bagaimana caranya agar Indonesia bisa dipandang berkelas di mata dunia," kata Alffy ketika dijumpai BBC Indonesia di studionya di Tangerang.

"Saya ingin lagu nasional Indonesia masuk ke playlist anak muda karena nilai-nilai kebangsaannya yang luar biasa, saya ingin lagu nasional bisa sejajar dengan musik-musik barat," kata Alffy.

Dia ingin anak-anak muda lebih menghargai lagu-lagu nasional.

Baca juga: Gita Gutawa Lestarikan Lagu Nasional

Caranya, menurut dia, adalah dengan membuat musik lagu-lagu nasional Indonesia relevan dengan musik zaman sekarang.

Dia memasukkan elektronic dance music (EDM) dan unsur musik tradisional ke dalam lagu-lagu nasional, antara lain "Rayuan Pulau Kelapa" dan "Tanah Air".

"Saya pilih musik EDM yang sedang in saat ini dan agar beat-nya sejajar dengan musik barat. Lirik dan lain-lain tidak ada yang berubah, hanya ditambah gamelan agar ada unsur tradisionalnya sekaligus menjaga kesakralannya," tuturnya.

Baca juga: Lagu Nasional dan Keprihatinan Ridho Slank

Selain gamelan, unsur musik lain dari sejumlah suku bangsa di Indonesia, misalnya Bali dan Batak, juga ia masukkan.

Dia menjelaskan bahwa pada dasarnya semua alat musik tradisional bisa dikolaborasikan dengan EDM, bergantung pada cara membangun harmoninya.

Menurut dia, anak muda zaman sekarang kurang optimistis dengan budaya sendiri.

"Jadi, saya memikirkan bagaimana caranya budaya Indonesia bisa lestari secara senang hati. Makanya, saya menggabungkan gamelan dengan EDM agar lebih mudah didengarkan dengan senang hati," ujarnya.

Inginkan milenial bangga akan lagu nasional

Tujuan utama Alffy Rev adalah membuat generasi milenial bangga dan mendengarkan lagu nasional dengan senang, bukan hanya ketika ada momentum saja.

Menurut dia, strategi ini cukup berhasil menarik perhatian anak-anak muda. Buktinya, videonya dilihat jutaan kali, termasuk video lagu "Tanah Air", yang telah dilihat setidaknya hingga 14 juta kali.

Alffy merupakan pemilik kanal Youtube dengan lebih dari 600.000 pengikut, dengan video yang telah diputar berjuta-juta kali. Instagram-nya juga diikuti oleh lebih 460.000 orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com