Perjalanan Kasus Augie Fantinus hingga Hirup Udara Bebas

Kompas.com - 12/03/2019, 09:46 WIB
Artis peran Augie Fantinus setelah bebas dari Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis peran Augie Fantinus setelah bebas dari Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan presenter Augie Fantinus (39) akhinya bebas, Senin (11/3/2019) malam, setelah mendekam selama lima bulan Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

Augie sebelumnya divonis oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akibat kasus pencemaran nama baik melalui media sosial terhadap oknum polisi.

Berikut rangkuman perjalanan kasus pemeran utama film Lagi-lagi Ateng itu hingga menghirup udara bebas:

'Video Calo'

Augie terseret kasus pencemaran nama baik karena mengunggah video seorang aparat kepolisian di akun Instagram miliknya pada 11 Oktober 2018 lalu.

Dalam video tersebut, Augie menyebut oknum anggota kepolisian itu sebagai calo tiket untuk pertandingan basket Asian Para Games. Namun, tudingan Augie itu tak terbukti benar.

Ditahan selang satu hari

Augie resmi ditahan pada 12 Oktober 2018 lalu, selang satu hari setelah ia mengunggah video tersebut ke akun Instagram miliknya.

"Malam ini kami lakukan penahanan ya," ujar Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018) malam.

Sebelum resmi ditahan, Augie lebih dulu menjalani pemeriksaan secara intensif satu kali 24 jam. Setelah memiliki cukup bukti, pihak kepolisian pun langsung menahan Augie di tahanan Polda Metro Jaya.

Augie dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat (2) Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman enam tahun penjara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X