Rhoma Irama: Putusan MA kepada Ridho Rhoma Aneh bin Ajaib

Kompas.com - 28/03/2019, 17:06 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Raja dangdut Rhoma Irama menyayangkan putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan kasasi jaksa penuntut umum (JPU), terkait kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat anaknya, Ridho Rhoma.

"Mengenai putusan Ridho saya rakyat awam aneh bin ajaib," ujar Rhoma di kawasan Depok, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

Keanehan tersebut Rhoma rasakan, pertama, berdasarkan surat edaran MA pengguna di bawah 1 gram harus direhabilitasi. Rhoma berujar, Ridho adalah pengguna sabu di bawah 1 gram.

Ridho, kata Rhoma, juga sudah sudah menjalani masa rehabilitasi dan sudah dinyatakan sembuh oleh dokter Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Baca juga: Ridho Rhoma Berhenti Nyabu Jadi Prioritas Keluarga

"Tiba-tiba datang surat MA meminta Ridho di penjara. Ini pertanyaan besar? Kok, keputusan surat edaran dilanggar sementara Ridho sudah bebas dan dapat efek jera di penjara," kata Rhoma.

"Rehab itu disembuhkan, Ridho sudah jera, tidak gunakan lagi, sudah sembuh. Tapi, dia ditarik lagi ke penjara. Nah, sekarang falsafah dan logika hukumnya di mana? Itu yang saya enggak ngerti," kata dia.

Kuasa hukum Ridho, Achmad Cholidin, mengatakan bahwa pihaknya belum menerima surat putusan dari MA.

"Seharusnya surat itu sudah kami terima dari PN Jakbar. Kemudian PN Jakbar akan memanggil kami bersama Kejaksaan Negeri Jakbar. Tapi surat belum kami terima. Nanti saat eksekusi kami melakukan perlawanan dan pembelaan," kata Cholidin.

Baca juga: Konsentrasi Ridho Rhoma Terganggu karena Putusan MA

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.