Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Igor Saykoji: Saya Bisa Produktif Bikin Lagu karena Perkaya Wawasan

Kompas.com - 21/04/2019, 19:06 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir 15 tahun berkiprah dunia musik Tanah Air, penyanyi rap Ignatius Rosoinaya Penyami atau Igor Saykoji tak pernah berhenti berkreasi lewat lagu-lagunya.

Igor menyatakan bahwa ia bisa produktif menciptakan lagu rap karena selalu memperkaya wawasannya.

Hal itu disampaikan Igor saat ditemui dalam konser Panggung Gembira di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (21/4/2019).

"Kalau rapper wawasannya enggak luas lu akan bolak balik enggak terkenal, mobil gue banyak, rumah gue mahal. Padahal banyak hal yang bisa diceritain ya lewat medium rap. Kalau wawasan lu luas apa aja bisa dibuat lagu," ucap Igor sambil berbicara dengan gaya rapper.

Menurut Igor, bernyanyi dengan gaya rap sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah bila kaya diksi yang banyak serta rajin berlatih.

Baca juga: Igor Saykoji Bikin Konten Edukasi Bareng Anak

"Nge-rap langsung bisa suruh menggabungkan (kata), lebih gampang lagi karena itu bisa menulis, gimana ya memang sudah kerjaan gue," ucap Igor.

"Jadi begini, gue mulai karier nge-rap dimulai dari ikut rap battle ke rap battle. Jadi bukan kayak misalnya gue bikin lagu tinggal rekaman, enggak, bikin video klip taruh di YouTube, enggak ada zaman seperti itu," sambung pria berusia 35 tahun ini.

Baca juga: Igor Saykoji Tertarik Bikin Manajemen Khusus Musisi Rap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com