Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RUU Permusikan Dicabut, Ridho Slank Ingatkan PR Insan Musik Selanjutnya

Kompas.com - 21/06/2019, 10:34 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris band Slank, Mohammad Ridwan Hafiedz atau Ridho, bersyukur atas dicabutnya Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR RI tahun ini.

Ia berujar bahwa perjuangan para musisi yang sebelumnya menolak draf RUU Permusikan karena tidak mengakomodir ekosistem musik, akhirnya berhasil.

"Ya alhamdulilah kalau dibatalkan. Perjuangan teman-teman selama ini ya berhasil," ujar Ridho saat dijumpai di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Baca juga: RUU Permusikan Dicabut dari Prolegnas, Armand Maulana Sambut Baik

Menurut dia, PR (pekerjaan rumah) atau langkah selanjutnya yang harus diambil oleh para stakeholder musik adalah memikirkan konsep baru. Mereka harus mengandeng musisi yang tidak hanya dari major dan indie lable, melainkan juga musisi jalanan dan tradisional.

"Paling enggak semua musisi bisa memberikan konsep apa pun," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, RUU Permusikan sempat menimbulkan berpolemik. Para musisi yang tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan mempermasalahkan draf yang tidak mengakomodir mereka di industri musik.

Baca juga: Dipha Barus Senang RUU Permusikan Dicabut dari Prolegnas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com