RUU Permusikan Dicabut, Ridho Slank Ingatkan PR Insan Musik Selanjutnya

Kompas.com - 21/06/2019, 10:34 WIB
Ridho Slank diabadikan di gedung Kemendikbud, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017) sore. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGRidho Slank diabadikan di gedung Kemendikbud, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris band Slank, Mohammad Ridwan Hafiedz atau Ridho, bersyukur atas dicabutnya Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR RI tahun ini.

Ia berujar bahwa perjuangan para musisi yang sebelumnya menolak draf RUU Permusikan karena tidak mengakomodir ekosistem musik, akhirnya berhasil.

"Ya alhamdulilah kalau dibatalkan. Perjuangan teman-teman selama ini ya berhasil," ujar Ridho saat dijumpai di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Baca juga: RUU Permusikan Dicabut dari Prolegnas, Armand Maulana Sambut Baik

Menurut dia, PR (pekerjaan rumah) atau langkah selanjutnya yang harus diambil oleh para stakeholder musik adalah memikirkan konsep baru. Mereka harus mengandeng musisi yang tidak hanya dari major dan indie lable, melainkan juga musisi jalanan dan tradisional.

"Paling enggak semua musisi bisa memberikan konsep apa pun," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, RUU Permusikan sempat menimbulkan berpolemik. Para musisi yang tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan mempermasalahkan draf yang tidak mengakomodir mereka di industri musik.

Baca juga: Dipha Barus Senang RUU Permusikan Dicabut dari Prolegnas

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X