Dunia Warna-warni Para Penyandang Autisme di Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 03/07/2019, 14:35 WIB
Pameran Seni Rupa Karya Individu Penyandang Autisme: Warna-warni Duniaku dibuka di Bentara Budaya Jakarta pada Kamis, 4 Juli 2019.Dok Bentara Budaya Jakarta Pameran Seni Rupa Karya Individu Penyandang Autisme: Warna-warni Duniaku dibuka di Bentara Budaya Jakarta pada Kamis, 4 Juli 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pameran Seni Rupa Karya Individu Penyandang Autisme: Warna-warni Duniaku akan diselenggarakan untuk umum di Bentara Budaya Jakarta.

Pameran yang diadakan atas kerja sama Yayasan Autisma Indonesia (YAI) dengan Bentara Budaya Jakarta tersebut akan diresmikan pada Kamis (4/7/2019) pukul 16.30 WIB.

Setelah itu, pameran tersebut akan diselenggarakan untuk umum pada 5-13 Juli 2019 pukul 10.00-18.00 WIB.

Baca juga: Pameran Seni Rupa Orak-arik di Solo

Dalam pameran itu akan ditampilkan 86 karya dari 53 individu autistik atau penyandang autisme.

Warna-warni Duniaku merupakan bagian dari program Bentara Peduli, yang diselenggarakan untuk berbagi ruang bersama para pelaku seni yang memerlukan dukungan khusus, tak terkecuali individu-individu autistik.

Di samping pameran, akan diadakan pula beberapa kegiatan terkait.  

Baca juga: 80 Tahun Oei Hong Djien (OHD) Dirayakan dengan Pameran Seni Rupa

Pada Sabtu (6/7/2019) mulai pukul 10.00 WIB di Bentara Budaya Jakarta akan dilangsungkan workshop menggambar untuk individu autistik dan diskusi mengenai art therapy dan autisme.

Para peserta workshop tersebut akan diajari teknik menggambar dengan oil pastel. Luthfie Ayu, alumnus Universitas Negeri Jakarta yang juga praktisi pendidikan seni untuk individu autistik, akan menjadi tutornya.

Komunitas Bentara Muda akan menjadi fasilitator dalam workshop itu.

Baca juga: Pameran Lukisan Cat Air di BBJ

Selain itu, pada Sabtu (6/7/2019) mulai pukul 14.00 WIB akan ada diskusi Peranan Art Therapy dalam Perkembangan Individu Autistik untuk Mengekspresikan Dirinya.

Para pembicaranya adalah Ipong Purnama Sidhi (seniman dan kurator Bentara Budaya),  Maria Novitawati, M. Psi., Psi (Psikolog), dan Donny Mardonius (orangtua dari individu autistik).

Ferina Widodo, yang pernah terkenal sebagai bintang seri komedi situasi Lenong Rumpi dan personel Elfa's Singers, akan bertindak sebagai moderator dalam diskusi tersebut.

Baca juga: Suara Pemuda Autis dan Buta Ini Memukau Juri Americas Got Talent 2019

Autisme atau gangguan spektrum autisme (autism spectrum disorder) merupakan gangguan perkembangan otak yang mempengaruhi kemampuan individu dalam berinteraksi dengan orang lain.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisAti Kamil
EditorAti Kamil
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X