Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Judo, Joe Taslim Berlaga di Hollywood

Kompas.com - 10/07/2019, 09:14 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Joe Taslim sudah tidak asing didengar oleh penikmat film nasional. Lewat kepiawaiannya berakting laga, nama Joe bahkan dikenal di industri luar Hollywood.

Yang terbaru, ia didapuk memerankan karakter Sub-Zero dalam film Mortal Kombat versi live-action.

Sub-Zero merupakan karakter asli Mortal Kombat. Ia diperkenalkan pada 1992. Seperti namanya yang berarti di bawah nol, Sub-Zero memiliki serangan es yang membekukan.

Jauh sebelum berakting, Joe merupakan atlet judo profesional. Joe berhasil menyabet beberapa medali emas di kejuaraan nasional, satu medali emas di South East Asia Judo Championship Singapore 1999, dan satu medali perak di SEA Games 2007.

Namun, putra pasangan dari Mardjuki Taslim dan Maria Goretty memutuskan untuk pensiun dari dunia olahraga karena mengalami cedera.

Joe pun banting setir menjadi pemain film. Film horor Karma (2008) adalah debut Joe di industri layar lebar. Setahun kemudian, Joe kembali bermain film drama berjudul Rasa.

Setelah dua film tersebut, pemilik nama lengkap Johannes Taslim tersebut menjajal genre action. Lewat film The Raid (2011) karya sutradara Gareth Evans, nama Joe mulai melambung.

Joe berperan sebagai Sersan Jaka. Sersan Jaka adalah pemimpin pasukan elite yang bertugas menumpas kriminal di sebuah blok apartemen yang dihuni oleh gangster, penjahat, pembunuh, dan gembong narkoba.

Setelah itu, Joe bermain film action-horor Dead Mine (2012) bersama dua aktor asal Indonesia lainnya, Ario Bayu dan Mike Lewis.

Setahun kemudian, publik digemparkan dengan informasi bahwa Joe terlibat dalam film garapan rumah produksi asal Hollywood yang berjudul Fast and Furious 6 (FF6).

Film ini melibatkan banyak aktor Hollywood papan atas seperti Dwayne Johnson, Vin Diesel, Gal Gadot, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson, Sung Kang, Jason Statham dan tentu saja mendiang Paul Walker.

Dalam film tersebut, Joe berperan sebagao tokoh antagonis yang bernama Jah. Jah adalah anak buah dari Owen Shawa (Luke Evans) yang memiliki kemampuan beladiri yang hebat.

Adegan fenomenal Jah terjadi saat melawan anak buah Dom (Vin Diesel), yakni Han (Sung Kang) dan Roman (Tyrese Gibson).

Dua tahun kemudian, Joe kembali terlibat produksi film Hollywood Star Trek Beyond (2016).

Dalam film Hollywood keduanya itu, Joe mendapatkan peran antagonis sebagai Manas alias Anderson Lee. Manas yang berwujud alien adalah tangan kanan Krall yang diperankan oleh Idris Elba.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com