Pro Kontra Andien dan Keluarga Plester Mulut Saat Tidur

Kompas.com - 13/07/2019, 19:00 WIB
Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester. Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah baru-baru ini mengunggah kebiasaan tidur yang menuai pro dan kontroversi di media sosial.

Melalui Instagram Story @andienaisyah, Andien mengunggah foto dengan mulut diplester bersama suaminya Irfan Wahyudi, dan putranya Kawa.

Andien mengaku memplester mulutnya saat tidur. "Udah selama beberapa bulan terakhir kita kalo tidur diplester," tulis Andien.

Pada instastory berikutnya, Andien menceritakan, ia pernah mengkuti workshop Buteyko Breathing. Pada workshop itu dijelaskan jika ada sekitar 200 penyakit kronis yang disebabkan oleh cara bernapas.

Baca juga: Tidur dengan Mulut Diplester ala Andien Baik untuk Kesehatan, Asal...

"Latihan Buteyko breathing saya rasakan banyak manfaatnya. Tapi mungkin kalo belum punya kesempatan itu, mulai dengan memplester mulut ketika tidur." tulis Andien.

Penyanyi Andien mengunggah foto dengan mulut diplester di Instagram Story.Bidik layar Instagram @andienaisyah Penyanyi Andien mengunggah foto dengan mulut diplester di Instagram Story.

Dengan mulut diplester, maka yang terjadi adalah nose breathing atau bernapas dari hidung. Andien pun membuat highlight Instastory tentang nose breathing. Ia mengaku mendapat banyak manfaat dari memplester mulut saat tidur.

"Setelah saya menjalankan tidur dengan diplester, ada beberapa kualitas baik yang saya rasakan. Jauh lebih mudah untuk mencapai deep sleep atau tidur yang berkualitas, ketika bangun badan lebih segar, tenggorokan tidak lagi kering, dan pas bangun enggak ada aroma mulut yang nggak sedap," tulis Andien lagi.

Andien pun menyarankan warganet untuk mencari tahu lebih banyak tentang nose breathing dan mouth breathing di Internet.

Baca juga: Mengenal Buteyko Breathing, Tidur dengan Mulut Diplester Ala Andien

Andien melanjutkan, Kawa juga pernah tidur dengan mulut diplester. Namun, ia tidak memaksa putra pertamanya itu. Kawa pun masih suka tidur seperti biasa tanpa diplester.

Pro dan kontra

Setelah Andien mengunggah Instastory itu, ternyata sejumlah orang ikut mencobanya. Tidur dengan mulut diplester itu mendapat respons positif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X