Gigih Wiyono Bawa Kesuburan dan Kemakmuran ke Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 17/07/2019, 15:12 WIB
Pameran Tunggal Seni Rupa Subur Makmur karya Gigih WiyonoDok Bentara Budaya Jakarta Pameran Tunggal Seni Rupa Subur Makmur karya Gigih Wiyono

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bentara Budaya Jakarta akan menyuguhkan pameran seni rupa Subur Makmur karya Gigih Wiyono.

Pameran lukisan dan patung itu akan diresmikan pada Kamis (18/7/2019) dengan sebuah acara yang akan diadakan pada pukul 19.30 WIB oleh Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr Restu Gunawan.

Publik bisa menikmati karya Gigih tersebut pada 19-27 Juli 2019, setiap hari dari pukul 10.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Dunia Warna-warni Para Penyandang Autisme di Bentara Budaya Jakarta

Subur Makmur, judul pameran itu, merupakan jargon yang dikenal oleh publik.

Subur mewakili kemampuan untuk hidup, tumbuh, dan berkembang biak secara sempurna. Sementara itu, makmur berarti keadaan serba berkecukupan.

Gigih Wiyono, lengkapnya KRT Gigih Wiyono Hadinagoro, lahir dan tumbuh di daerah pertanian Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada 30 Agustus 1967.

Tema kesuburan dan kemakmuran lekat pada setiap karyanya.

Baca juga: Selasa Ini Bentara Budaya Jakarta Hadirkan Wanita dan Laut

Gigih menjadi sarjana S1 Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta pada 1995.

Kemudian, pada 2008, ia menyelesaikan pendidikan pasca-sarjana di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dengan predikat cumlaude.

Ia mulai aktif berpameran, meski baru secara kolektif, pada 1989. Pameran tunggal pertamanya diadakan pada 1995 di STSI Surakarta.

Baca juga: Berkegiatan Lagi, Bentara Budaya Yogyakarta Sajikan Sumarah

Sebagai seniman, Gigih Wiyono juga berkolaborasi dengan para seniman dari bidang-bidang lain, antara lain pemusik-pemusik Sawung Jabo dan mendiang Harry Roesli.

Pada 2001, ia mendirikan Padepokan Seni Djayabhinangun Sukoharjo.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


PenulisAti Kamil
EditorAti Kamil
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X