Alasan Premiere Bumi Manusia dan Perburuan Digelar di Surabaya

Kompas.com - 01/08/2019, 21:42 WIB
Para pemain filmBumi Manusia dan Perburuan menggelar jumpa pers di RBoJ Coffee, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis malam (1/8/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanPara pemain filmBumi Manusia dan Perburuan menggelar jumpa pers di RBoJ Coffee, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis malam (1/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah produksi Falcon Pictures akan menggelar gala premiere film Bumi Manusia dan Perburuan di Mall Surabaya Town Square, Jawa Timur, pada 9 Agustus 2019

Dua film tersebut diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis mendiang Pramoedya Ananta Toer.

Sutradara film Perburuan, Richard Oh, mengatakan, digelarnya screening dan gala premiere film Perburuan sekaligus Bumi Manusia di Surabaya sebagai bentuk perayaan sastra dalam film.

Baca juga: Takut Dipenjara, Iwan Fals Sembunyi-sembunyi Baca Novel Bumi Manusia

"Ini akan menjadi event perayaan sastra dalam film. Sebuah event yang mengundang orang-orang untuk lebih mengenal sastra," kata dia dalam jumpa pers di RBoJ Coffee, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis malam (1/8/2019).

Sutradara film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo. sepakat dengan Richard bahwa gala premier nanti sebagai wujud merayakan sastra dalam film.

Saat membaca novel tetralogi Bumi Manusia dan melihat video dokumenter tentang Pramoedya, Hanung teringat sebuah perkataan Pramoedya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Alasan Hanung Pilih Bryan Domani Jadi Jan Dapperste di Bumi Manusia

Perkataan itu terkait Pram yang di penjara selama 30 tahun meski Indonesia sudah merdeka di usia 50 tahun.

"Jadi, 30 tahun dia tidak merasakan kemerdekaan. Kami akan merayakan kemerdekaan Pak Pram selama 30 tahun ini. Agustus ini buat saya ini adalah momentum yang berani dari kami (untuk merayakan), bukan pemerintah," kata Hanung.

Adapun, film Bumi Manusia dan Perburuan akan tayang serentak di bioskop Tanah Air pada 15 Agustus 2019.

Baca juga: Adipati Dolken Pelajari Teknik Dasar Kendo untuk Adegan Penting Perburuan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X