Andien Angkat Bicara soal Kontroversi Tidur dengan Mulut Diplester

Kompas.com - 16/08/2019, 16:32 WIB
Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester. Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah menanggapi pro dan kontra yang timbul akibat keluarganya yang tidur dengan mulut diplester.

"Pro dan kontra pasti ada, enggak mungkin pro semua dan begitu sebaliknya," ujar Andien di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Soal tidur mulutnya diplester, kata Andien, adalah sebuah keyakinan yang ia adopsi.

Baca juga: Pro Kontra Andien dan Keluarga Plester Mulut Saat Tidur

Andien tidak mau menggubris pihak-pihak yang mempertanyakannya memplester mulut saat tidur.

"Kami di zaman sekarang ini banyak sekali yang tidak yakin mengambil dan menjalankan keputusan. Jadi kalau sudah tahu, why-nya kenapa? Itu jadi fondasi yang baik," kata Andien. 

"Pesannya lebih kepada, ketika kita tahu ingin melakukan sesuatu, kita tahu why-nya," ujar Andien. 

Baca juga: Mengenal Buteyko Breathing, Tidur dengan Mulut Diplester Ala Andien

Yang penting, kata dia, bagaimana ia dan keluarganya memahami cara tersebut. Banyak baca adalah cara sederhana dalam melakukan sesuatu hal.

"Aku membekali diriku sendiri, banyak baca perlu, banyak bertanya perlu. Jangan sampai menumpulkan insting kita sebagai perempuan, manusia, dan orangtua dalam menjalani sebuah keputusan," kata Andien.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X