Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JAFF 2015 Siap Putar 153 Film Asia di Yogyakarta

Kompas.com - 28/11/2015, 15:41 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Ajang Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) yang dihelat di Yogyakarta mulai 1-6 Desember 2015, akan memutar 153 film dari 23 negara Asia.

Bertajuk [Be]Coming, ajang tersebut tak hanya sekadar perayaan. Melainkan sebagai pertemuan, kolaborasi, dan peluang bagi para sineas se-Asia untuk memamerkan karyanya.

"Jadi akan ada film panjang dan pendek yang diputar dari 23 negara. Total film ada 153 film. Kalau Indonesia sendiri sekitar 50 film," kata sutradara Ismail Basbeth selaku Direktur Program JAFF.

Rencananya, pemutaran film akan dilangsungkan di Taman Budaya Yogyakarta dan XXI Urip Sumoharjo. Film-film yang masuk nominasi piala Oscar, serta film yang berasal dari Bangladesh, Malaysia, Irak, dan India dijadwalkan ikut diputan dalam kesempatan ini.

Adapun film garapan sutradara kenamaan Joko Anwar dengan filmnya A Copy of My Mind akan ikut diputar. Tak ketinggalan, Mencari Hilal karya Ismail dan Pendekar Tongkat Emas akan menjadi warna dalam ajang JAFF tahun ini.

"Setiap ajang festival itu harus punya tanggung jawab kepada teritorialnya seperti di Yogyakarta, lalu ke Indonesia, Asia, lalu ke internasional. Bicara Asia Tenggara sendiri, JAFF menjadi ajang yang kuat bagi para sineas-sineas yang ingin memutar filmnya di Yogyakarta," ujar Executive Director JAFF Ifa Isfansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com