Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Zaskia Gotik Berevolusi

Kompas.com - 11/04/2016, 06:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima sila dalam Pancasila beserta bentuk lambangnya dilafalkan dengan lancar oleh penyanyi dangdut Zaskia Gotik di gedung DPR/MPR RI, Kamis (7/4/2016).

Ia baru saja ditantang oleh anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Arzetti Bilbina, untuk mengucapkan Pancasila.

Ternyata perempuan yang kala itu mengenakan busana ungu dengan rambut dicepol bisa melewati tantangan tersebut.

Berbeda dengan beberapa waktu lalu ketika ia mengaku tak hafal Pancasila sebagai alasan ia menjawab "bebek nungging" untuk pertanyaan lambang sila kelima Pancasila dalam program Dahsyat RCTI.

Akibatnya, ia terjerat kasus pelecehan lambang negara. Setelah melewati pro dan kontra hingga berurusan dengan polisi, Zaskia kemudian diundang ke "rumah" wakil rakyat oleh Fraksi PKB di MPR untuk hadir dalam kegiatan pembekalan Pancasila kepada pekerja seni hari itu.

Ada sejumlah artis lain yang ikut, di antaranya Ressa Herlambang, Tommy Kurniawan, Kiki Amalia, Galih Ginanjar, Krisna Mukti dan lain-lain.

Usai mendapat pembekalan dasar negara, mereka masing-masing diberi sertifikat karena telah menjadi peserta sosialisasi Pancasila.

Duta Pancasila

Khusus Zaskia, ia tidak sekadar mendapat sertifikat. Ia juga sebuah status baru. Ketua Fraksi PKB di MPR, Abdul Kadir Karding, menunjuknya sebagai Duta Pancasila.

"Saya sendiri sudah ketemu Mbak Zaskia dan pengacaranya. Saya dorong 'mbak Zaskia sekalianlah Anda jadi Duta Pancasila," tuturnya.

Apa pertimbangannya?

Karding mengatakan, Zaskia dianggap sebagai salah seorang pekerja seni yang bisa memengaruhi masyarakat. Karena seorang figur publik seperti dia sekali mengeluarkan pernyataan, itu bisa berdampak besar.

Ia juga mengharapkan Zaskia bisa sekaligus belajar meningkatkan pemahamannya mengenai dasar negara.

"Justru kalau dia kami dorong untuk semangat mempelajari Pancasila. Lalu sebagai pekerja seni bisa memberi contoh yang baik. Apalagi kalau sampai jadi duta, itu luar biasa. Itukan hikmah dari apa yang terjadi," ucapnya.

Bingung

Namun Zaskia justru bingung. Bahkan, mentalnya tiba-tiba menurun.

Duta Pancasila, memikirkannya saja sudah membuat biduan dangdut itu merasa ditimpa beban berat. Bagaimana tidak, ia baru saja terjerat kasus pelecehan lambang negara.

Ia pun didera rasa gundah.

"Sama sekali enggak nyangka, bingung apa yang musti Neng lakukan. Buat saya sih berat karena memang saya tidak terlalu tahu tentang Pancasila, tiba-tiba Neng malah ditunjuk dari Fraksi PKB MPR RI jadi duta," ucapnya saat itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com