Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Bung Karno ala Sukmawati Soekarnoputri

Kompas.com - 15/06/2016, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Walaupun sudah ada beberapa film yang mengangkat profil presiden pertama RI Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri tetap ingin mewujudkan mimpinya untuk memfilmkan sang ayah.

Tidak berhenti di situ, putri keempat Soekarno-Fatmawati ini ingin film tentang Bung Karno bisa bertarung di kancah internasional.

"Saya menginginkan film ini kualitasnya sangat baik sehingga layak ditonton dunia internasional. Saya berharap, dengan sutradara yang mumpuni, film tentang Bung Karno bisa masuk Academy Awards," ujar Sukmawati setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/6/2016).

Sukmawati menemui Joko Widodo untuk meminta restu memproduksi film tentang Soekarno.

"Respons Presiden sangat bagus, mendukung, dan berharap film ini bertaraf internasional. Bagi saya, produksi film ini lebih cepat lebih baik. Namun, tergantung juga pembiayaan. Yang penting film ini harus bagus. Saya sudah siapkan bahan sejak Bung Karno lahir hingga wafat, tetapi nanti tergantung dari sutradara," ujarnya.

Ia berharap pemikiran dan karya besar Bung Karno di tingkat internasional bisa tetap dikenang lewat film tersebut.

"Ini penting bagi generasi muda kita. Keteladanan Bung Karno hingga ke dunia internasional itu patut diingat oleh generasi muda sehingga mereka bisa mengapresiasi," kata Sukmawati.

Untuk mewujudkan film ini, Sukmawati bekerja sama dengan pembuat film asal Tiongkok yang kemampuannya dianggap sudah setara dengan pembuat film dari Hollywood, Amerika Serikat. (AHA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 15 Juni 2016, di halaman 32 dengan judul "Film Bung Karno".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com