Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vina Panduwinata: Mikrofon Pribadi Bukan buat Gaya-gayaan

Kompas.com - 01/12/2016, 16:05 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi senior Vina Panduwinata (57) menganjurkan agar siapa pun yang berprofesi sebagai penyanyi sebaiknya memiliki mikrofon pribadi.

"Mama (panggilan Vina) udah nyaranin sama semuanya, seenggaknya kalian punya mic pribadi. Punya mic pribadi bukan buat gaya-gayaan," kata Vina dalam wawancara di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016).

Berdasarkan pengalamannya, mikrofon pribadi sangatlah berguna dan perlu, terutama untuk menjaga kesehatan.

"Sangat penting. Karena lewat mic itu kita bisa sakit. Contoh, nyanyi di suatu tempat dengan mic yang disediakan, kita enggak tahu itu bekas orang batuk apa enggak. Mama Ina pernah pas make mic di acara, mama Ina batuk," kata Vina.

Alasan lainnya, dengan mikrofon pribadi, penyanyi bisa memberikan performa terbaiknya karena sudah tahu bagaimana mengontrol suara menggunakan mikrofon itu.

"Mikrofon acara apakah cocok atau tidak dengan suara kita. Jadi punya mic pribadi bukan buat gaya-gayaan. Pake mic sendiri, semakin lama kita pegang mic itu, kita semakin bisa tahu kelebihan dan kekurangan (vokal) kita," ujar Vina.

Tetapi, tak ia memungkiri bahwa penyanyi harus merogoh kocek cukup dalam untuk sebuah mikrofon pribadi.

"Kalau murah enggak bisa bagus. Kalau bicara harga tinggi, enggak usah, yang penting kualitasnya. Apalagi itu sebuah kebutuhan karena manfaatnya untuk diri sendiri, kesehatan," kata pelantun "Burung Camar" itu.

"Enggak masalah pakai mic acara. Tapi kalau udah punya mic sendiri kan ngapain? Kan itu buat kebaikan kita juga," tambah Vina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com