Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Farhan Galang Dana Sosial dengan Triatlon

Kompas.com - 30/03/2017, 13:35 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Muhammad Farhan menggalang dana untuk amal dengan cara melakukan triatlon di Sungai Liat, Bangka Belitung, pada 22 April mendatang.

Ia menargetkan bisa mengumpulkan dana hingga Rp 500 juta. Dana itu akan diberikan pada anak-anak kaum perempuan pengusaha mikro Koperasi Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan biaya operasi salah satu alumni Rumah Belajar YCAB Foundation yang mengalami kecelakaan kerja.

Lewat kegiatan ini, Farhan juga ingin mengajak masyarakat untuk aktif berolahraga.

"Saya belajar triatlon dari Desember 2016. Baru, anak baru," ujarnya ketika ditemui di Rumah Belajar YCAB, Duri Kepa, Jakarta Barat, Kamis (30/3/2017).

"Saya baru sadar, olahraga ini kelihatannya enggak mungkin, tapi ketika mulai menjalani dengan proses yang perlahan-lahan," tambahnya.

Dalam triathlon tersebut, Farhan akan berenang sejauh 750 meter, bersepeda sepanjang 25 km, dan berlari sejauh 5 km. Ia pun harus menyelesaikannya dalam waktu kurang dari tiga jam.

Dari ketiga jenis olahraga tersebut, Farhan mengaku bahwa berlari adalah yang tersulit.

"Berenang itu rekreasi. Sepeda itu jalan-jalan, lihat-lihat pemandangan. Setelah rekreasi, mesti kerja keras, lari," ucapnya lagi.

Selain rutin melakukan simulasi di tiap akhir pekan, Farhan juga melakukan latihan otot, melakukan pilates, hingga makan makanan seimbang.

"Jangan makan berlebihan. Gizi seimbang. Semua makanan boleh dimakan, tapi gak boleh terlalu sedikit, gak boleh terlalu banyak," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com