Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"King Arthur: Legend of the Sword": Yang Lain Lagi tentang King Arthur

Kompas.com - 14/05/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kisah seputar Raja Arthur telah demikian banyak dibuat. Ramuan utamanya berasal dari cerita rakyat. Tema, kejadian, dan karakter legenda pemimpin Inggris ini sangat bervariasi.

Itulah sebabnya sutradara Guy Ritchie pun dengan bebas menafsir dan menampilkan sisi lain kisah tersebut dalam film terbarunya, King Arthur: Legend of the Sword.

Film yang mulai rilis di Indonesia pada 9 Mei ini juga mengetengahkan kisah klasik seputar mitos pedang Excalibur, tentang perjalanan Arthur dari pemuda jalanan hingga menjadi raja.

King Arthur: Legend of the Sword dibintangi Charlie Hunnam sebagai Arthur, Astrid Bergès-Frisbey (The Mage), Djimon Hounsou (Bedivere), Aidan Gillen (Goose Fat Bill), Eric Bana (Uther Pendragon), dan Jude Law (Vortigern).

Karakter penyihir Merlin, salah satu tokoh sentral dalam cerita Raja Arthur, tidak muncul.

Film ini dikatakan sebagai seri pertama dari enam seri film yang direncanakan.
Dikisahkan, Uther harus melawan penyihir jahat Mordred yang ternyata bersekutu dengan adiknya, Vortigern.

Arthur kecil diselamatkan sang ayah dan dinaikkan ke atas perahu, sesaat sebelum dia melihat ayahnya untuk terakhir kalinya.

Dia diselamatkan tiga perempuan penghibur dan dibesarkan di rumah bordil di Londinium.

Dia tumbuh dari anak yang sering menjadi korban pemukulan orang-orang yang lebih dewasa hingga menjadi pemuda licin dan ditakuti yang memimpin gerombolan pencuri.

Sampai suatu ketika, dia dikejar-kejar dan ditangkap karena tidak memiliki cap di tangan. Cap itu menunjukkan orang-orang yang pernah mencabut sebuah pedang dan tidak berhasil.

Seperti yang sudah diperkirakan, Arthur bisa mencabut pedang itu. Dia pun akhirnya mengetahui garis darahnya dan tugas yang harus diembannya.

Namun, kekuatan luar biasa pedang tersebut membuat dia kewalahan.

Arthur hendak menolak kekuatan pedang dan nasib yang menyertainya. Namun, berkat bantuan The Mage, Bedivere, Bill, dan anggota gerombolannya, dia pun akhirnya menerima takdirnya dan melawan Vortigern.

Jika hanya melihat ceritanya, tidak ada yang istimewa dalam film ini karena sudah banyak orang tahu. Menilik ke belakang, film bertema Raja Arthur sudah banyak diproduksi sebelumnya.

Tahun 2004, muncul film King Arthur yang dibintangi Clive Owen, Ioan Gruffud, dan Keira Knightley.

Baca juga: Keira Knightley: Pengaruh Positif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com