Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kyoto International Film and Art Festival 2017 Dibuka di Kuil

Kompas.com - 13/10/2017, 17:41 WIB
Indra Akuntono

Penulis

KYOTO, KOMPAS.com -- Dinginnya Kyoto dan heningnya suasana di Kuil Nishi Hongwanji membuat pembukaan Kyoto International Film and Art Festival (KIFF) 2017 terasa sakral pada Kamis (12/10/2017) malam.

Festival film itu diselenggarakan hingga 15 Oktober 2017 oleh Yoshimoto Kogyo, perusahaan hiburan terbesar di Jepang.

Acara pembukaan KIFF tahun ini menjadi menarik karena diadakan di salah satu kuil tertua di Kyoto, bahkan di Jepang, itu.

Baca juga: Yayan Ruhian Kembali Main Film Jepang

Hongwanji merupakan kuil berusia lebih dari satu abad dan kuil kepala untuk kira-kira 10.000 kuil di seluruh Jepang serta kira-kira 200 kuil di seluruh dunia. Pada 1994, seluruh wilayah Hongwanji dijadikan Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

"Festival film Kyoto merupakan kebanggaan. Begitulah cahaya film harus dilindungi. Benar-benar Kyoto telah basah oleh keringat dan air mata banyak orang yang terlibat dengan film di Kyoto,” kata Honorary Chairman KIFF Executive Committee, Sadao Nakajima, ketika memberi sambutan.

Nakajima menerangkan bahwa KIFF diselenggarakan setiap tahun agar banyak orang bisa mengetahui dan merasakan keajaiban film.

Dalam KIFF keempat ini akan ditayangkan sejumlah film Jepang dan negara-negara lain, antara lain Spark, Kokoro, Neruja, Okja, From Taiwan with Love, dan Hibana.

Hibana merupakan salah satu film populer tentang para komedian yang berjuang mewujudkan mimpi menjadi komedian ternama. Hibana dalam bahasa Indonesia berarti Percikan Api.

Baca juga: Pernah ke Kuil Yasukuni di Jepang, Justin Bieber Ditolak China

Film-film dalam KIFF 2017 ditayangkan di beberapa tempat, antara lain di Yoshimoto Gion Kagetsu, Toho Cinemas, T-Joy Kyoto, dan Aeon Cinema Kyoto.

"Kami berharap festival film ini bisa menghubungkan semangat semua orang di masa lalu dan masa depan," ucap Chairman of the KIFF Executive Committee, Ichiya Nakamura.

KIFF 2017 dihadiri oleh sejumlah artis Jepang dan Chief of Public Relations PBB, Jeffrey A Brez, serta diliput para wartawan dari berbagai negara di Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com