Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Apa?, Pencarian Jati Diri lewat "Karung Goni"

Kompas.com - 22/11/2017, 19:18 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu lagi film komedi yang akan meramaikan industri perfilman Tanah Air. Mau Jadi Apa?, sebuah layar lebar karya komika Soleh Solihun yang melebarkan sayapnya sebagai sutradara.

Dalam kunjungannya ke redaksi Kompas.com di Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2017), Soleh mengatakan bahwa film ini adalah kisah tentang pencarian jati diri.

"Intinya tentang pencarian jati diri sekelompok anak muda," katanya.

Soleh membuka memori masa-masa kuliahnya di Universitas Padjajaran, Bandung, pada 1999 silam. Di mana Soleh menyalurkan kegalauan dan kebingungannya sebagai mahasiswa dengan mendirikan media kampus bernama Karung Goni (Kabar, Ungkapan, Gosip, dan Opini).

Baca juga : Ujian Soleh Solihun Jadi Sutradara Mau Jadi Apa?

Soleh tak sendiri, ia dibantu teman-temannya, yakni Lukman (Boris Bokir), Marsyel (Adjisdoaibu), Eko (AWWE), Fey (Anggika Bolsterli), dan Syarif (Ricky Wattimena).

"Pernah merasa tersesat di kampus karena merasa ini kampus kuliah di Jatinangor, kirain di Bandung. Terus mau jadi apa kita kuliah di sini? Enggak ada yang tahu," ujar Soleh.

"Dan akhirnya pencarian jawaban dari pertanyaan mau jadi apa itu akhirnya ketemu setelah kami bikin majalah kampus bernama Karung Goni. Jadi ketemulah passion kami di media," sambungnya.

Lalu mengapa Soleh memilih penggalan kisah hidupnya saat kuliah untuk difilmkan?

Pemain film Hangout itu merasa masa-masa itulah yang paling inspiratif dalam perjalan hidupnya.

Baca juga : Aurelie Moeremans Jadi Gebetan Soleh Solihun dalam Mau Jadi Apa?

"Ini kisah hidup saya yang mungkin bisa ngasih inspirasi ke orang lain. Semua orang dalam hidupnya pasti punya fase bertanya mau jadi apa? bahkan mungkin sampai sekarang ada yang masih bertanya mau jadi apa," ujar Soleh.

"Dan ketika kuliah itu saya berhasil nemuin jawaban dari pertanyaan mau jadi apa itu. Ya selain karena dianggap inspirasi, kayaknya paling seru nih kisah hidup saya di antara semua kisah hidup saya yang lain," tambahnya.

Film yang disutradarai Soleh bersama Monty Tiwa ini akan tayang di jaringan bioskop Tanah Air mulai 30 November 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com