Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chaseiro Peringati 90 Tahun Sumpah Pemuda dengan Konser Musik

Kompas.com - 28/10/2018, 12:57 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band lawas, Chaseiro, memperingati Hari Sumpah Pemuda lewat sebuah konser.

Pertunjukan musik di Nusa Indah Theater, Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (28/10/2018), itu mereka rangkaikan dengan perayaan 40 tahun perjalanan karier Chaseiro.

"Dalam rangka mensyukuri perjalanan Chaseiro yang berumur ke-40 ini di belantika musik Indonesia. Pada tahun ini juga kami memperingati 90 tahun Sumpa Pemuda," kata personel Chaseiro, Omen Norman Soni Sontani, saat berbincang dengan Kompas.com di Abbe Studio, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Kami berulang tahun ke-40 pada 6 Mei lalu, jadi kami bikin rangkaian konser. Makanya temanya adalah 40 tahun Chaseiro, 90 tahun Sumpah Pemuda. Ini hanya sekali dalam seumur hidup," tambahnya.

Ia mengatakan pula bahwa melalui konser tersebut Chaseirao ingin menyampaikan beberapa pesan penting. Pesan itu khususnya ditujukan kepada generasi muda, yaknu tentang pentingnya persatuan.

Karena itulah, Chaseiro sengaja memilih lagu-lagu mereka yang bernuansa persatuan, kebangsaan, dan kepemudaan.

"Kebetulan pada peringatan 90 Sumpah Pemuda, bangsa Indonesia sedang memasuki tahun politik. Di mana persatuan itu susah, mulai terkikis di sana sini. Untuk itu kami ingin terus mengingatkan bangsa ini pentingnya persatuan," ujar Omen.

"Oleh sebab itu, dalam konser nanti kami memilih lagu-lagu yang bisa menyentuh, menggugah dan membangkitkan kembali rasa persatuan di antara kita sehingga menjadi bangsa yang tidak mudah terpecah belah dan bisa terawat dan terjaga persatuannya," imbuhnya.

Total ada 17 lagu yang nantinya tersaji dalam konser tersebut. Sejumlah penyanyi papan atas Indonesia juga turut hadir di sana. Di antaranya Vina Panduwinata, Elfa’s Singers, Otti Jamalus diiringi kelompok musisi muda Rishanda and The Rising.

Selain itu, konser ini juga menampilkan projek spesial Chaseiro All Star dengan jajaran penyanyi penyanyi muda bertalenta. Mereka adalah Adikara Fardy, Albert Fakdawer, Ardhito Pramono, Kafin Sulthan, Rafi Sudirman, Rega Dauna, serta Vadie Akbar.

Chaseiro terkenal atas harmoni vokal dengan musik pop dan sentuhan  jazz, bossa nova, serta latin. Nama Chaseiro merupakan singkatan dari nama depan para personelnya, yakni Candra Darusman (vokal, keyboard), mendiang Helmi Indrakesuma (vokal), Aswin Sastrowardoyo (vokal, gitar), Edwin Hudioro (flute), Irwan B Indrakesuma (vokal), Rizali Indrakesuma (vokal, bass), dan  Omen Norman Sonisontani (vokal).

Baca juga: Rayakan 40 Tahun Berkarya, Band Chaseiro Gelar Konser Dunia di Batas Senja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com