Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yaashwin Sarawanan Jadikan Matematika Pertunjukkan Menarik di Asia's Got Talent

Kompas.com - 09/04/2019, 20:36 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Lelaki remaja asal Malaysia, Yaashwin Sarawanan (15) menjadi salah satu kontestan ajang pencarian bakat Asia's Got Talent musim ketiga yang berhasil melaju ke babak grand final.

Yaashwin berhasil berkompetisi hingga babak grand final lewat kemampuan matematikanya yang di luar dugaan banyak orang.

Dalam penampilan babak grand final di Marina Bay Sands, Singapura, Kamis (4/4/2019), Yaashwin mampu membuat juri tercengang dengan aksinya yang mampu menjawab banyak pertanyaan sulit soal matematika hanya dalam waktu 2 menit 30 detik.

Baca juga: 3 Finalis Asias Got Talent 2019 Favorit Dewan Juri

Yaashwin sendiri mengaku, ia sengaja menjadikan matematika sebagai bakatnya yang bisa dipertontonkan, karena ia merasa hal itu amat menarik.

"Saya melihat matematika bisa begitu menarik untuk menjadi sebuah pertunjukkan," ucap Yaashwin dalam sesi wawancara usai babak grand final dilangsungkan.

Yaashwin yang juga merupakan pemenang International Abacus and Mental Arithmetic Competition tahun 2017 ini mengatakan, ia juga tak tahu persis bagaimana kemampuannya itu terbentuk.

Kata Yaashwin, ia hanya terus mempelajari semua rumus matematika tanpa lelah.

"Saya melakukannya sejak kecil hingga kini saya berusia 15 tahun, saya membaca dan menelaah semua rumus matematika praktis yang saya miliki," ucap Yaashwin.

"Saya juga tak tahu pasti bagaimana saya bisa menjadi begitu kuat dalam matematika, cuma saya tahu pasti semua orang tahu matematika, hanya saja tidak mendalaminya," sambungnya.

Baca juga: 6 Hal Menarik yang Ada di Grand Final Asias Got Talent

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com