Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2014, 17:27 WIB
Meidella Syahni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Produser dan sutradara film yang juga penulis lirik lagu Mira Lesmana mengungkapkan kesedihannya kepada calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Melalui surat terbukanya di http://suratuntukpakbowo.tumblr.com/, putri dari legenda jazz Indonesia almarhum Jack Lesmana ini dengan terang menyebut ia telah memilih capres dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Joko Widodo atau Jokowi, dan Muhammad Jusuf Kalla (JK). Kakak kandung pemusik jazz Indra Lesmana ini mengaku sedih setelah menyimak wawancara Prabowo oleh BBC Indonesia yang menyatakan capres yang dipilihnya hanya pura-pura merakyat. Istri aktor Mathias Muchus ini dengan lugas meminta Prabowo untuk dengan legowo menerima kenyataan jika kelak Jokowi-JK menang.

Mira menulis:
Dear Pak Prabowo, Saya sedang bersedih dan saya yakin begitu juga dengan sebagian besar penduduk Indonesia yang telah bersuara saat Pilpres 2014 yang baru lalu. Belum pernah begitu banyak fitnah muncul dan mengaburkan pandangan seseorang tentang Calon Presidennya seperti yang terjadi saat kampanye Pilpres 2014 ini.

Pilihan saya memang jatuh pada Bapak Joko Widodo, karena saya yakin, sebesar apapun fitnah yang telah dilontarkan padanya, tiada kebenaran didalamnya. Yang pasti saya percaya sudah waktunya Indonesia dipimpin oleh seseorang yang datang dari rakyat biasa, yang bersih dan jujur, serta tidak mempunyai beban masa lalu dan lepas dari keterkaitan rezim Orde Baru.

Saya bersedih dengan pernyataan Bapak di dalam interview Bapak di stasiun televisi BBC 11 Juli yang lalu, dimana Bapak mengatakan, "Ia (Joko Widodo) bukan orang yang merakyat, ia mengklaim sebagai orang yang rendah hati tapi saya rasa itu cuma pura pura…"

Sekali lagi, dari begitu banyak fitnah yang menyerang Bapak Joko Widodo, maupun menyerang Bapak sendiri, tidak pernah terbayang akan terlontar ucapan yang merendahkan Pak Joko Widodo dan mengagetkan begitu banyak orang dari seorang calon pemimpin. Bapak telah merendahkan Pak Jokowi secara publik, dihadapan pendukungnya yang adalah 50% (saya tidak ingin mengatakan lebih dari itu sebelum tanggal 22 Juli nanti) dari penduduk Indonesia yang telah bersuara memilihnya di Pilpres 2014 yang baru lalu.

Bapak Jokowi telah menyampaikan pidatonya seusai Pilpres tanggal 9 Juli 2014. Beliau menyampaikan: "Saya mengapresiasi Prabowo dan Hatta yang telah berkontribusi membuat demokrasi yang lebih baik. Bapak berdua adalah patriot, pejuang bagi bangsa Indonesia. Peran apa pun yang Bapak jalankan bagi bangsa ini pasti akan berguna untuk melayani rakyat Indonesia."

Begitulah pemimpin yang kami harapkan, seperti pernah Bapak katakan sendiri beberapa waktu yang lalu di akun resmi twitter Bapak: "Selalu berkata baik dan berbuat baik. Kita bersaing dengan saudara-saudara kita dalam gagasan, nilai keyakinan akan masa depan bangsa." Saya berharap Bapak legowo, dan menyerahkan kepemimpinan Indonesia kepada Bapak Joko Widodo, dan Bapak akan selalu ada untuk membantu mimpi kita menuju Indonesia Hebat.

Salam Damai, Mira Lesmana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com