Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly: "Manusela" Tak Hanya soal Hutan

Kompas.com - 13/05/2017, 15:22 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Jelajah petuah hati misteri semesta sang bijaksana / Mencari, mencari untuk kupahami / O, Manusela...,” begitulah penggalan lirik lagu "Manusela" yang dicipta oleh musisi Glenn Fredly (41).

Lagu itu dibuat setelah dirinya berkunjung ke Hutan Manusela yang terletak di Maluku. Lewat "
"Manusela", Glenn ingin menyampaikan kepada masyarakat soal hutan, ekosistem, hingga peradaban.

"Bicara hutan itu bicara peradaban. Enggak cuma masalah nanem pohon, tapi bicara soal ekosistem di dalamnya," aku Glenn saat dijumpai Kompas.com di Practice Room Studio, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017).

"Dengan hutan yang luar biasa, kekayaan hutan Indonesia masih ada, dan saya yakin ini perlu dijaga," imbuhnya.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Penyanyi Glenn Fredly dan KunoKini berlatih menjelang konser Musika Foresta di Jakarta, Jumat (12/5/2017). Konser Musika Foresta akan digelar di Balai Sarbini Sabtu (13/5/2017) besok.
Bagi Glenn, "Manusela" tak hanya bicara soal ekosistem di dalamnya, tapi juga soal masyarakat, sampai entitas penting dalam konsep pelestarian hutan sendiri.

"Saya pikir ini jadi narasi yang penting untuk sama-sama bicara soal pelestarian hutan dan lingkungan hidup," ujar Glenn.

"Karena kita bicara peradaban dan peradaban selalu bicara tentang mengelola dan menjaga sumber daya alam yang ada," pungkasnya.

Glenn pun akan mempersembahkan "Manusela" dalam acara Musika Foresta di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan, hari ini, Sabtu (13/5/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com