HelloFest 9: Nobar Film Anime di Pinggir Kolam Renang

Kompas.com - 07/11/2013, 18:55 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada Sabtu (9/11/2013), hari pertama HelloFest 9 Anima Expo 2013, film-film anime akan menjadi tontonan menarik di area pinggir kolam renang dalam Kompleks Kolam Renang Senayan, Jakarta. Film-film itu terdiri dari 36 film pendek dan 66 film berdurasi delapan detik.

Dibandingkan dengan HelloFest 8, HelloFest 9 akan memberi suasana baru bagi para pengunjung yang menonton bareng (nobar) film-film itu.

"Ini kali pertama kami menggunakan tempat yang tiga kali lebih besar dibandingkan HelloFest 8 di Balai Kartini (Jakarta). Setelah tahun lalu antusiasme penonton besar sekali dan membludak, akhirnya kami pilih Kompleks Kolam Renang Senayan," kata Founder HelloFest, Wahyu Aditya, membuka obrolan per telepon dengan Kompas.com di Jakarta, Kamis (7/11/2013). "Di Kompleks Kolam Renang Senayan ini pengunjung bisa menonton anime dari pinggir kolam, pasti seru deh," ujar Wahyu.

Dengan daya tampung tempat yang lebih besar, Wahyu berharap para pengunjung akan bisa lebih nyaman menonton film-film itu. "Kapasitasnya juga lebih besar, menampung kira-kira 4.000 orang. Kalau tahun lalu kasihan, masih ada orang yang enggak kebagian menonton karena kapasitasnya terbatas," jelas Wahyu.

Tahun ini, film-film delapan detik karya para finalis HelloFest Movies menjadi sesuatu yang baru. Film-film itu akan diputar Sabtu, pukul 18.30-22.00 WIB.

Menurut Wahyu, film delapan detik merupakan terobosan terkini dan sebuah tantangan baru dalam dunia anime. "Zaman sekarang orang bisa menonton film dari gadget. Mereka senang menonton dari satu judul ke judul lainnya. Biasanya lihat, selesai, terus pilih film lain. Nah, karena itu, kami tantang para (pegiat) HelloFest Movies untuk membuat film berdurasi delapan detik dengan tema yang bebas," papar Wahyu.

Sambutan pun di luar dugaan. Penyelenggara HelloFest 9 kebanjiran 400 film delapan detik yang datang dari berbagai kota, sebelum akhirnya diseleksi menjadi 66 film saja untuk diputar.

"Ya, diluar dugaan. Ternyata tantangan ini justru bikin orang tertarik. Kami menerima 400 karya," kata Wahyu.

Tapi, sebelum menikmati film-film delapan detik itu, para penonton lebih dulu digempur oleh kegiatan lain menonton bareng, yaitu Unjuk Rasa Animasi Lokal. Pemutaran 36 film pendek itu akan dibagi menjadi dua bagian. Part I pukul 13.00-13.30 WIB dan Part II pukul 15.00-15.30 WIB.

Selain itu, Wahyu juga mengingatkan agar para pengunjung tidak melupakan booth HelloMaster, yang akan memutar dua film animasi terbaru karya dua kreator lokal Ahmad Rofik (Malang) dan Faza Meonk (Jakarta).

"Dua orang ini kami kasih gelar HelloMaster. Mereka kami nilai tahan banting dalam memuat konten lokal. Karena itu, kami kasih bimbingan dan buatkan booth gratis untuk mereka berdua," terang Wahyu. "Rencananya, Rofik bakal merilis anime 3D lokal terbarunya. Sementara, Faza, dia ini berangkat dari komik, game, dan dia sudah punya ribuan penggemar di Facebook. Rencananya, Faza juga akan merilis film anime," lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X