Bentara Pentas Musik: Latin Fever with Rio Moreno

Kompas.com - 17/09/2015, 11:45 WIB
Bentara Budaya Jakarta. BBJBentara Budaya Jakarta.
EditorTri Wahono

Pianis yang fasih memainkan komposisi musik latin jazz Rio Moreno akan tampil kembali di Bentara Pentas Musik: Latin Fever with Rio Moreno pada Kamis (17/9/2015) pukul 19.30 WIB di Bentara Budaya Jakarta. 

Sebelumnya di tahun 2011 dan 2013 ia berkesempatan tampil dengan mengusung tema yang berbeda.

Bagi Rio, tahun 2009 merupakan tahun yang penting karena di tahun itulah ia membentuk Trio Latin Jazz bersama Demas Narawangsa (drummer) dan Zoltan Renaldi (bassis).

Mereka kemudian diakui oleh para musisi bahwa kelompok ini merupakan trio latin jazz terbaik di Indonesia. Bersama kedua musisi, Rio mengkonsep musik dengan matang sehingga cha cha, funk, salsa, samba bayau, dan samba batucada sangat enak dilihat maupun didengar.

Pengalaman bermusik Rio Moreno tidak diragukan lagi. Bermula dari panggung komunitas jazz di beberapa tempat seperti komunitas Jajan Jazz, Margocity Jazz, dan lain-lain, ia telah merambah ke panggung nasional seperti JakJazz Festival dan JavaJazz Festival maupun internasional seperti Asean Jazz Festival.

Dalam bermusik Rio terinspirasi oleh musisi idolanya, yaitu Michel Camilo dan Arturo Sandoval, yang membuat permainan piano montuno-nya sangat unik dan berkarakter. Bahkan karena itu, Rio yang juga dosen musik di Universitas Pelita Harapan ini dijuluki Michel Camilo Indonesia.

Menurutnya musik latin jazz merupakan musik yang paling mudah diterima dan dicerna oleh masyarakat Indonesia terutama musik berirama ritmik yang dinamis seperti salsa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun 2011, Rio membentuk grup Latin Combo bersama Wandi (gitaris), Iwan Wiradz (perkusi), dan Caecilia (vokalis) untuk mengobati kerinduannya pada musik latin tradisional.

Tahun 2012, ia meluncurkan album solo perdana yang berjudul "El Montuno", berisikan delapan lagu orisinil yang diaransemen oleh Rio sendiri.

Album baru, formasi baru bersama Bekti Antony Sudiro (bassis) dan Handy Salim (drum), berharap menjadi tonggak sejarah dalam khasanah dan perkembangan musik latin jazz di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.