Ketenaran BTS di AS Dipetakan

Kompas.com - 08/08/2017, 06:33 WIB
Boyband dari Korea Selatan Bangtan Boys (BTS) membawakan lagu Not Today untuk membuka konser Wings Tour di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Minggu (29/4/2017). Istimewa/IME INDONESIABoyband dari Korea Selatan Bangtan Boys (BTS) membawakan lagu Not Today untuk membuka konser Wings Tour di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Minggu (29/4/2017).
Penulis Ati Kamil
|
EditorAti Kamil

NEW YORK, KOMPAS.com -- Ketenaran boyband K-pop Bangtan Boys atau BTS di AS dipetakan oleh The New York Times. Peta tersebut menggambarkan keterkenalan BTS di negara itu.

Surat kabar tersebut baru-baru ini membuat peta penggemar untuk 50 artis yang paling digemari di AS.

Artis-artis itu merupakan 50 artis yang masuk Billboard Top 100 dan merupakan artis-artis yang paling sering ditonton lewat YouTube di AS dari Januari 2016 hingga April 2017.

Dalam daftar tersebut, BTS ada di nomor 44.

Baca juga: Video Musik BTS Not Today Raih 100 Juta View dalam 109 Hari

Data streaming YouTube per wilayah itu digunakan untuk memperlihatkan keterkenalan relatif para artis di wilayah-wilayah di AS.

The New York Times menjelaskan, "Jika satu wilayah dari sebuah peta (berwarna) lebih terang, tak berarti orang-orang di sana tidak menonton video-video para artis itu; itu cuma berarti para penggemar cenderung mendengarkan beragam artis lain."

Baca juga: Indonesia Masuk Daftar 10 Negara dengan Jumlah Terbanyak Penggemar BTS

Peta penggemar BTS itu menunjukkan bahwa negara-negara bagian Hawaii dan California merupakan wilayah-wilayah di mana BTS sangat tenar.

Baca juga: BTS Tak Ingin Masuk Pasar Musik AS

Selain itu, beberapa wilayah lain, tak terkecuali area-area yang luas di bagian utara Wisconsin, tidak disangka ternyata merupakan tempat-tempat di mana  BTS juga amat terkenal.

Bulan lalu BTS baru menyelesaikan tur dunia mereka yang bernama Wings Tour. Dalam tur tersebut mereka juga tampil di AS.

Pada September 2017 BTS akan merilis album baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber soompi.com
 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.