Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Gutawa: Gita Puja Indonesia, Persembahan Saya untuk Bangsa

Kompas.com - 11/08/2017, 20:54 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi, pencipta lagu, dan produser musik Gita Gutawa (24) meluncurkan album bertema nasionalisme dengan judul Gita Puja Indonesia.

Dalam album tersebut, Gita membawakan delapan lagu nasional, yaitu "Tanah Tumpah Darahku", "Bagimu Negeri", "Syukur", "Tanah Air", "Ibu Kita Kartini", "Terima Kasihku", "Mengheningkan Cipta", dan "Puja Indonesia".

"Ini persembahan saya buat bangsa saya, terutama generasi muda," ujar Gita dalam jumpa pers mengenai album itu, di Gedung Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

Baca juga: Gita Gutawa Meluncurkan Lagu di Setiap Hari Besar Nasional

Gita Gutawa mengungkapkan bahwa gagasan untuk membuat album tersebut lahir ketika ia menempuh pendidikan S1 dan S2 di Inggris pada 2011-2017.

Ketika itu muncul kesadarannya bahwa Indonesia kaya akan lagu-lagu nasional dan mulai berpikir untuk menyuguhkan kembali lagu-lagu nasional itu.

"Menurut saya, ini menarik sekali. Saya merasa jangan-jangan lagu nasional ini yang menyatukan kita. Saya merasa terpanggil, apa yang saya bisa perbuat," ujarnya.

Baca juga: Gita Gutawa Ketagihan Jadi Produser

Gita Gutawa membutuhkan dua tahun untuk mengerjakan album tersebut. Ia memilih orkestra sebagai musik untuk lagu-lagu dalam album itu.

Untuk itu, Gita dibantu oleh ayahnya, Erwin Gutawa, pendiri dan komposer Erwin Gutawa Orchestra.

"Ini bisa dibilang eksperimen saya dalam bermusik," ucap Gita.

Baca juga: Gita Gutawa Ikut Klinik Musik di Swedia

Sebelum album itu diluncurkan, Gita Gutawa sudah lebih dulu merilis dua dari delapan lagu tersebut, yaitu singel "Terima Kasihku" dalam rangka Hari Guru Nasional pada November 2016 dan "Ibu Kita Kartini" pada April 2017 sekaligus untuk mengusung gerakan #PerempuanJugaBisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com