"Wiro Sableng 212" Adaptasi Jurus Pamungkas Tiga Perguruan Silat

Kompas.com - 17/08/2017, 15:21 WIB
Para pemain dan tim produksi film Wiro Sableng 212 dalam sebuah bincang-bincang pada acara kultur Popcon Asia di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (5/8/2017). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANPara pemain dan tim produksi film Wiro Sableng 212 dalam sebuah bincang-bincang pada acara kultur Popcon Asia di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (5/8/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Yayan Ruhian selaku koreografer Wiro Sableng 212, mengungkapkan bahwa jurus-jurus dalam film karya sutradara Angga Dwimas Sasongko itu bersumber dari tiga perguruan.

Dua jurus pamungkas diadaptasi perguruan silat di Jawa, yakni perguruan Ciung Wanara dan perguruan Panglipur. Sedangkan satu lagi berasal dari Jakarta, yakni perguruan Tenaga Dasar.

Lalu, apa dasar Yayan memilih tiga perguruan tersebut untuk mengisi gerakan-gerakan jurus dalam film tersebut?

"Kalau saya bawa banyak perguruan, untuk saat ini saya bawa tiga perguruan dulu. Tapi dari tiga perguruan itu saya berharap bisa mewakili film Wiro Sableng," kata Yayan kepada Kompas.com di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (16/8/2017) malam.

Meski hanya tiga perguruan yang diajak, Yayan berharap film yang diadaptasi dari novel legendaris berjudul sama karya Bastian Tito itu mendapatkan hasil yang maksimal.

"Namanya perguruan itu bisa mewakili beberapa perguruan," kata Yayan, yang juga memerankan karakter musuh bebuyutan Wiro, Mahesa Birawa.

Film Wiro Sableng digarap rumah produksi Lifelike Picture bersama Fox International Productions (FIP), yang merupakan perpanjangan tangan dari 20th Century Fox. Ini akan menjadi film Asia Tenggara pertama yang ditangani oleh FIP.

Film Wiro Sableng 212 mulai melaksanakan proses shooting pada 21 Agustus 2017. Rencananya, film itu akan masuk di jaringan bioskop Tanah Air pada 2018 mendatang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X