Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vino G Bastian Bentengi Diri dari Penyakit TBC

Kompas.com - 25/03/2018, 18:39 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Vino G Bastian (36) mengaku sadar bahwa penyakit TBC atau tuberkulosis, yang bisa mematikan, sebenarnya bisa dicegah dan diobati.

Dari data yang dibacanya, Vino mengetahui bahwa Indonesia menempati urutan kedua negara-negara dengan jumlah pengidap penyakit TBC terbesar. India berada di posisi pertama.

Vino mengatakan bahwa ada beberapa temannya yang harus berobat secara rutin selama enam bulan tanpa putus akibat terserang TBC.

Baca juga: Ade Rai Berbagi Ilmu Pola Hidup Sehat

Vino G Bastian mengatakan pula bahwa ia menjalankan pola hidup sehat demi membentengi diri dari penyakit menular tersebut.

"TB bisa dicegah dan diobati. Pencegahannya adalah pola hidup yang sehat," ujar Vino ketika menghadiri bincang-bincang kampanye tentang #PeduliKitaPeduliTBC di Tartine Cafe, fX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (25/3/2018).

"Imunitas kita membaik dengan makan makanan yang baik dan bergizi, vitamin, olahraga. Dengan itu kita memiliki satu benteng utama untuk menghalau bakteri TB," sambungnya.

Baca juga: Dewi Sandra Ingatkan Pentingnya Jalani Pola Hidup Sehat

Menurut Vino G Bastian, sebelum peduli akan kondisi kesehatan orang lain, seseorang harus peduli dulu terhadap kondisi kesehatan diri sendiri.

Suami artis peran Marsha Timothy dan ayah satu anak ini juga mengaku curiga jika mengalami batuk lebih dari dua minggu.

"Dulu, kalau batuk dibiarin aja. Sekarang, harus mulai aware bahwa batuk panjang pasti ada sesuatunya. Kalau misalnya lebih dari dua minggu, itu harus di-check. Artinya, ada kemungkinan TB," ucapnya.

Baca juga: Iko Uwais Berbagi Tips Hidup Sehat

"Tapi, kalau kita sudah tahu bagaimana pencegahannya, kita tidak perlu takut, karena bakteri TB ini bisa dicegah dan diobati. Obatnya ada dan gratis pula dari pemerintah," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com