Vino G Bastian Bentengi Diri dari Penyakit TBC

Kompas.com - 25/03/2018, 18:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Vino G Bastian (36) mengaku sadar bahwa penyakit TBC atau tuberkulosis, yang bisa mematikan, sebenarnya bisa dicegah dan diobati.

Dari data yang dibacanya, Vino mengetahui bahwa Indonesia menempati urutan kedua negara-negara dengan jumlah pengidap penyakit TBC terbesar. India berada di posisi pertama.

Vino mengatakan bahwa ada beberapa temannya yang harus berobat secara rutin selama enam bulan tanpa putus akibat terserang TBC.

Baca juga: Ade Rai Berbagi Ilmu Pola Hidup Sehat

Vino G Bastian mengatakan pula bahwa ia menjalankan pola hidup sehat demi membentengi diri dari penyakit menular tersebut.

"TB bisa dicegah dan diobati. Pencegahannya adalah pola hidup yang sehat," ujar Vino ketika menghadiri bincang-bincang kampanye tentang #PeduliKitaPeduliTBC di Tartine Cafe, fX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (25/3/2018).

"Imunitas kita membaik dengan makan makanan yang baik dan bergizi, vitamin, olahraga. Dengan itu kita memiliki satu benteng utama untuk menghalau bakteri TB," sambungnya.

Baca juga: Dewi Sandra Ingatkan Pentingnya Jalani Pola Hidup Sehat

Menurut Vino G Bastian, sebelum peduli akan kondisi kesehatan orang lain, seseorang harus peduli dulu terhadap kondisi kesehatan diri sendiri.

Suami artis peran Marsha Timothy dan ayah satu anak ini juga mengaku curiga jika mengalami batuk lebih dari dua minggu.

"Dulu, kalau batuk dibiarin aja. Sekarang, harus mulai aware bahwa batuk panjang pasti ada sesuatunya. Kalau misalnya lebih dari dua minggu, itu harus di-check. Artinya, ada kemungkinan TB," ucapnya.

Baca juga: Iko Uwais Berbagi Tips Hidup Sehat

"Tapi, kalau kita sudah tahu bagaimana pencegahannya, kita tidak perlu takut, karena bakteri TB ini bisa dicegah dan diobati. Obatnya ada dan gratis pula dari pemerintah," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.