Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ade Rai Berbagi Ilmu Pola Hidup Sehat

Kompas.com - 26/09/2017, 09:55 WIB
Reni Susanti

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com - Binaragawan Indonesia, Ade Rai, berbagi mengenai pola hidup sehat di depan seribuan mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jatinangor, Sumedang, Senin (25/9/2017). Sebab, pola hidup sehat bukan hanya penting melainkan keharusan.

"Sehat itu tidak menarik selagi masih kita miliki. Sehat baru menjadi begitu menarik ketika dia pergi dari kita," ujarnya dalam acara BPJS Goes to Campus.

Pria bernama lengkap I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai, pola hidup tidak sehat berisiko mengundang penyakit katastropik.

Apalagi penyakit katastropik seperti stroke, gagal ginjal, jantung, hipertensi, dan lainnya tidak menjadi domain orang dewasa. Namun anak-anak, remaja, dan mahasiswa memiliki potensi yang sama jika tidak menjaga pola hidup sehat dan kurang olah raga.

"Penyebab kematian tertinggi di Indonesia tahun 2014 adalah stroke 21,1 persen, jantung dan pembuluh darah 12,9 persen, lalu diabetes melitus dan komplikasi 6,7 persen. Jadi, ayo kita hidup sehat," tuturnya.

Salah satu materi yang dibagikan Ade adalah pohon kebugaran. Ada tiga hal dalam pohon kebugaran tersebut yakni olahraga teratur, nutrisi teratur, dan istirahat teratur. Tentu saja harus dibarengi dengan pikiran sehat.

[Baca juga: Bikin Superhero, Marcelino Lefrandt Terinspirasi Ade Rai ]

"Dalam hal diet juga. Diet bukan mengurangi makan atau tidak makan. Tapi pengaturan pola makan. Ada empat elemen diet yakni sumber, penyajian atau cara masak, jadwal dan frekuensi, serta jumlahnya," ucap pria kelahiran Jakarta, 6 Mei 1970.

[Baca juga: Ade Rai Tertarik Bikin Film Binaragawan yang Overdosis Steroid ]

Brand ambassador BPJS Kesehatan ini tidak hanya berbagi pola hidup sehat di Unpad. Kemungkinan ada sembilan kampus yang akan ia sambangi, yakni Universitas Indonesia (UI), Unpad, Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB).

[Baca juga: Ade Rai Nikmati Shooting Iklan di Lereng Merapi ]

Lalu Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, serta Universitas Sebelas Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com