Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Indonesia, Prisia Nasution Tergantung sama “Mbak”

Kompas.com - 27/04/2018, 16:06 WIB
Reni Susanti,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com – Aktris Prisia Nasution mengalami perbedaan gaya hidup saat ia kuliah di Jerman dan sekarang di Indonesia. Di Tanah Air dia lebih tergantung pada mbak atau asisten rumah tangga.

"Padahal yang dikerjakan sama saja, beresin rumah atau apa. Saat di Jerman saya lakukan semuanya sendiri. Tapi di sini (Indonesia), dikit-dikit mbak," ujar Prisia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sebenarnya, sambung Prisia, tidak masalah meminta bantuan mbak dalam mengerjakan sesuatu. Namun, bagi mereka yang malas bergerak, sebaiknya mengurangi ketergantungan pada mbak.

"Mengerjakan pekerjaan rumah tangga itu bisa membuang kalori. Bagi mereka yang ingin membakar kalori tapi bingung mesti gimana, bisa dimulai dengan tidak tergantung pada mbak," ucapnya.

Baca juga : Prisia Nasution: Jadi Julia Benar-benar Stres

Misal, sesuatu yang bisa dikerjakan sendiri seperti mengambil gelas atau piring, lakukanlah sendiri. Ketika badan bergeser ke dapur untuk mengambil piring dan gelas, maka tubuh sudah bergerak.

Perempuan kelahiran Jakarta 1 Juni 1984 ini mengungkapkan, menggerakkan tubuh sangat penting. Itu pula yang membuat dirinya aktif dalam kampanye "Ayo Indonesia Bergerak".

Sebab gaya hidup sedentari atau mager bisa meningkatkan risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dari Kementerian Kesehatan menunjukkan, 24,1 persen penduduk Indonesia menjalani perilaku sedentari lebih dari 6 jam perhari.

"Itu tidak baik. Jadi saya mengajak semua orang untuk aktif bergerak, setidaknya dengan tidak tergantung pada mbak," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com