Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lima Finalis Lomba Cipta Lagu Anak 2018

Kompas.com - 24/05/2018, 19:45 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lomba Cipta Lagu Anak 2018 yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Miles Film telah menentukan lima besar finalis yang disaring dari 1.865 materi lagu diterima.

Mereka adalah Era Patigo dengan karya lagu berjudul "Menjelajahi Dunia"; Ghalifa Al Baladi dengan "Teman"; Ikbar Haksara Damarjati dengan "Jika Hatimu Gundah Gulana"; Pika Iskandar dengan "Senyum Untuk Dunia"; dan terakhir Stephen Irianto Wally dengan "This Is My Holiday".

Menurut bos Miles Film sekaligus juri lomba ini, Mira Lesmana, lima lagu yang terpilih sudah mewakili kriteria yang diinginkan.

"Dari semuanya kan kami seleksi, lima ini akhirnya dari 60 terbaik. Lima lagu ini menurut saya merepresentasikan itu semua," ucap Mira usai jumpa pers peluncuran trailer film Kulari ke Pantai, di Gandaria City, Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018).

Baca juga: Lomba Cipta Lagu Anak 2018 Sudah Diluncurkan

"Sekaligus bisa dinikmati oleh usia yang range-nya cukup lebar. Jadi ada yang ke kanak-kanakan, ada yang udah mulai besar," sambungnya.

Mira juga menjelaskan kriteria-kriteria yang para dewan juri ajukan kepada peserta lomba, sebagai pertimbangan memilih kelima finalis besar.

"Tentunya ada kriteria-kriteria yang kami pegang, salah satunya yang menurut saya penting adalah lirik, lagu untuk anak-anak itu harus kita perhatikan dengan baik," jelas Mira.

"Lalu emosi keceriaan atau kegundahan, bisa memberikan emosi yang bagus buat si anak, ada harmonisasi juga terus struktur lagu juga tidak terlalu rumit tapi tidak boleh terlalu simpel," tambahnya.

Karya lagu dari kelima finalis nantinya akan masuk dalam album kompilasi film Kulari ke Pantai dan dinyanyikan oleh para pemeran anak-anak dari film garapan sutradara Riri Riza itu.

Selanjutnya, mereka akan masuk dalam tahap voting publik yang diadakan pada 2-17 Juni 2018 melalui situs web www.kularikepantai.com.

Akan dipilih satu pemenang pilihan publik yang akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 25 Juta. Selain itu, dewan juri juga memilih satu pemenang utama yang akan meraih hadiah uang tunai Rp 75 Juta.

Baca juga: Jokowi Puji Klip Video Lagu Tema Film Kulari ke Pantai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com