Harvey Weinstein Bebas dari Dakwaan dengan Jaminan Rp 14 Miliar

Kompas.com - 27/05/2018, 10:23 WIB
Editor Ati Kamil

NEW YORK, KOMPAS.com -- Mantan orang berkuasa di Hollywood Harvey Weinstein telah dibebaskan dengan jaminan 1 juta dollar AS (Rp 14 miliar).

Sebelumnya, di New York, AS, Weinstein didakwa telah melakukan pemerkosaan dan pelecehan seksual.

Weinstein, yang berusia 66 tahun, juga setuju untuk memakai alat pelacak GPS dan menyerahkan paspornya setelah menyerahkan diri ke polisi pada Jumat (25/5/2018) waktu setempat.

Dia menyangkal telah melakukan seks non-konsensual (hubungan seks yang dilakukan tidak berdasarkan rasa suka sama suka) dan kuasa hukumnya mengatakan bahwa dia akan menyatakan tak bersalah.

Baca juga: Polisi Selidiki 50 Kasus Kejahatan Seksual di Hollywood

Aktris Rose McGowan, yang menuduh Weinstein melakukan pemerkosaan, mengatakan kepada BBC bahwa itu merupakan "hari yang luar biasa bagi para penyintas (korban pemerkosaan dan pelecehan seksual Weinstein".

"Ini momen yang sangat penting, sebuah tamparan konkret kepada orang yang menyalahgunakan kekuasaan," ujar McGowan.

"Ini hanya permulaan dari proses itu dan jika kami bisa menyelesaikannya, saya harap kami muncul sebagai pemenang," lanjutnya.

Baca juga: Penyelenggara Piala Oscar Depak Produser Hollywood Harvey Weinstein

Tuduhan terhadap produser film itu memicu gerakan #MeToo, yang berusaha untuk menunjukkan dan menarik perhatian pada prevalensi luas pelecehan dan kekerasan seksual.

Lebih dari 70 perempuan menuduh Weinstein melakukan pelanggaran seksual, meskipun dakwaan itu hanya terkait dengan dua dari tuduhan-tuduhan itu.

Sejumlah tuduhan terjadi beberapa dekade lalu.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.