Tahun Berganti, Pemain Utama Drama Devilish Joy Tak Kunjung Digaji

Kompas.com - 02/01/2019, 12:03 WIB
Pemeran utama drama televisi produksi Korea, Devilish Joy. SoompiPemeran utama drama televisi produksi Korea, Devilish Joy.

KOMPAS.com -- Pemain utama Devilish Joy hingga kini belum menerima upah seperser pun dari rumah produksi drama televisi itu, Golden Thumb Pictures.

Sebelumnya pada 28 Desember, dilaporkan bahwa para aktor pendukung termasuk dua aktris utamanya, Song Ha Yoon dan Lee Joo Yeon, masih menunggu pembayaran. Menanggapi itu, Golden Thumb Pictures berjanji akan membayar gaji mereka pada 31 Desember.

Namun, agensi para aktor tersebut mengungkapkan bahwa mereka masih belum dibayar sampai hari ini, padahal tahun telah berganti.

"Kami belum menerima satu won (mata uang Korea Selatan) pun sejauh ini. Ini sampai pada titik di mana kami tidak tahu apakah bahkan kami dapat menerima bayaran nantinya," kata perwakilan agensi salah satu aktor Devilish Joy.

"Kami tidak dapat mempertahankan kepercayaan kami ketika tanggal pembayaran yang dijanjikan sebelumnya bahkan tidak terpenuhi. iHQ, MBN, Dramax, dan Golden Thumb masih belum mengambil tindakan aktif,” tambahnya.

Sebelum berjanji membayar gaji pemainnya pada akhir 2018, dua bulan sebelumnya, Golden Thumb Pictures menyatakan pembayaran akan selesai pada November tahun lalu. Namun, dilaporkan bahwa belum semua pemeran mendapat bayaran.

Sementara aktor Choi Jin Hyuk dan Hoya (Lee Ho Won) disebut telah mendapatkan upah mereka, lawan main mereka Song Ha Yoon dan Lee Joo Yeon masih menunggu pembayaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dampak pembayaran para pemain Devilish Joy yang luar biasa itu lebih besar daripada yang orang kira. Secara khusus, agensi mereka membayar para staf selama periode pembuatan film drama karena aktor utama tidak menerima satu sen pun. Jumlah kerugian mencapai puluhan juta won," kata seorang sumber.

Biasanya, upah untuk drama dibayarkan tiga kali, yakni sebelum shooting, selama shooting, dan pada akhir drama. Untuk biaya penata rambut, makeup, pakaian, mobil, dan manajer para aktor yang digunakan selama setidaknya tiga bulan ketika drama ini difilmkan diperkirakan menghabiskan puluhan juta won.

Uang untuk ini biasanya disediakan bersama upah para aktor, namun sampai shooting drama berakhir, belum ada pembayaran yang diberikan oleh rumah produksi. Sehingga agensi masing-masing aktor tidak punya pilihan selain membayar semuanya.

Baca juga: 9 Drama Korea yang Wajib Ditonton Sebelum 2018 Berakhir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Soompi
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.