Rhoma Irama: Ridho Belum Bisa Penuhi Panggilan untuk Dieksekusi

Kompas.com - 15/04/2019, 11:44 WIB
Ridho Rhoma didampingi kedua orangtuanya, Rhoma Irama dan Marwah Ali, ketika keluar dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (25/1/2018). KOMPAS.com/IRA GITARidho Rhoma didampingi kedua orangtuanya, Rhoma Irama dan Marwah Ali, ketika keluar dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (25/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja dangdut Rhoma Irama mengatakan bahwa anaknya, Ridho Rhoma, belum bisa memenuhi panggilan kejaksaan untuk dieksekusi ke penjara terkait kasus penyalahgunaan narkoba.

Rhoma beralasan bahwa Ridho mau pun kuasa hukumnya belum menerima surat putusan dari Mahkamah Agung atau MA.

Sebagai informasi, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi jaksa penuntut umum (JPU) atas kasus penyalahgunaan narkoba. Putusan tersebut menambah hukuman terhadap Ridho selama delapan bulan penjara setelah Ridho sebelumnya menjalani hukuman 10 bulan rehabilitasi.

"Jadi hari ini Ridho belum bisa memenuhi panggilan Kejaksaan Negeri Jakarta Barat untuk melakukan eksekusi. Secara hukum, eksekusi bisa dilakukan kalau Ridho sudah menerima salinan dan petikan putusan dari MA," ujar Rhoma dalam jumpa pers di kediamannya di Jalan Pondok Jaya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

Rhoma mengatakan bahwa Ridho dalam hal ini tidak mangkir hukum. Putranya akan menghormati prosedur hukum yang berlaku.

"Jadi bukan maksud Ridho tidak taat hukum, tetapi Ridho malah taat hukum sesuai UU," ujar Rhoma.

Sebelumnya, Kasie Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Barat Edy Subhan, mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan surat panggilan terhadap Ridho kepada tim penasehat hukumnya.

Baca juga: Heran atas Putusan MA, Keluarga Ridho Rhoma Akan Ajukan PK

"Panggilannya tanggal 15 April (2019) hari Senin," kata Edy Subhan Kasie Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Barat saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/4/2019) sore.

Edy mengatakan, panggilan tersebut merupakan panggilan pertama yang dilayangkan pihak kejaksaan.

Apabila Ridho mangkir dari panggilan tersebut kejaksaan akan kembali melakukan pemanggilan hingga tiga kali sebelum dilakukan penjemputan paksa.

Baca juga: Rhoma Irama: Putusan MA kepada Ridho Rhoma Aneh bin Ajaib

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.