Hari Ini dalam Sejarah: Goofy Diperkenalkan Walt Disney..

Kompas.com - 25/05/2019, 11:33 WIB

KOMPAS.com - The Walt Disney Company dikenal banyak menghadirkan karakter kartun populer hingga berbagai penjuru dunia. Karakter seperti Mickey Mouse, Donald Duck, atau Dumbo dan Pinokio masih menjadi karakter favorit banyak orang.

Tak hanya membuat karakter ikonik tersebut, Walt Disney juga membuat karakter lain yang diadopsi dari anjing. Dengan karakter bodoh, canggung dalam berbicara, namun rendah hati merupakan sejumlah kekhasan dari Goofy.

Karakter anjing besutan Walt Disney ini menjadi fenomena karena sering tampil bersama Mickey Mouse dan Donald Duck dalam satu film.

Hari ini 87 tahun yang lalu, tepatnya 25 Mei 1932, Goofy mulai muncul dan diperkenalkan ke publik. Walt Disney menghadirkan karakter ini untuk kali pertama dalam film animasi pendek berjudul " Mickey's Revue".

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Disney Merilis Animasi Pinocchio pada 1940

Film itu menampilkan Goofy saat menjadi penonton pertunjukan lagu dan tarian. Dalam film yang disutradarai oleh Wilfred Jackson tersebut juga terdapat Minnie Mouse, Horace Horsecollar, dan Clarabelle Cow.

Goofy digambarkan sebagai anjing tua dengan memiliki janggut dengan celana panjang. Penampilannya juga dibarengi dengan kejengkelan penonton karena ulahnya yang berisik ketika Mickey Mouse mulai memainkan pertunjukan.

Tidak lama setelah itu, karakter ini mulai ditonjolkan Walt Disney dengan mengubah penampilannya menjadi lebih muda lagi.

Awalnya Dippy Dawg

Karakter Dippy Dawg dalam film Mickeys Revueimgur Karakter Dippy Dawg dalam film Mickeys Revue
Setelah kemunculan Mickey Mouse mendapat apresiasi yang baik, ini membuat Walt Disney menambah karakter lain dalam film besutannya.

Seorang animator Disney bernama Art Babbit, menyampaikan gagasan untuk membuat karakter Goofy. Namun dalam perkembangannya, gambar dari gagasan itu akhirnya direalisasikan oleh Frank Webb.

Webb menjadi orang yang menggambarkan dan memberikan karakter ini dengan nama Dippy Dawg. Nama itu terus digunakan dalam beberapa film animasi pendek lainnya hingga muncul ide dari Disney untuk mengubah bentuk dan namanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.