Film Makmum Raup Rp 19,5 Miliar di Malaysia

Kompas.com - 29/08/2019, 14:18 WIB
Poster film Makmum. Dok. IMDBPoster film Makmum.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film horor Makmum mencetak kesuksesan di Malaysia. Selama 11 hari penayangan di bioskop Malaysia, Makmum meraup 5,8 juta Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 19,5 miliar.

Produser Dheeraj Kalwani menyatakan senang dengan perolehan tersebut. Ia berujar, kesuksesan Makmun dalam layar lebar menyamai kesuksesannya dalam versi film pendek yang populer di YouTube.

"Memang alasan pertama mengadaptasi film pendek ini saya melihat sisi kepopuleran film pendeknya," kata Dheeraj dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/8/2019).

"Bukan cuma karena banyak yang menonton tapi karena film ini memiliki kualitas yang terbukti dari banyaknya penghargaan festival film yang diperoleh," sambung dia.

Dheeraj mengatakan, kesuksesan film Makmum tidak lepas dari pengembangan cerita yang membutuhankan ketelitian.

Selain meminta penulis asli film pendeknya untuk menulis skenario, kata Dheeraj, ia juga menggandeng Alim Sudio untuk memperkuat skenario.

"Skenario itu pondasi paling penting. Kalau membangun rumah tanpa pondasi kuat, pasti akan roboh. Itu sebabnya saya perhatikan benar skenario benar-benar siap sebelum lanjut ke syuting," kata dia.

Faktor-faktor lain seperti sutradara, editing gambar dan suara, juga diperhatikan dengan detail. Sebagai Produser, Dheeraj terlibat di semua proses tersebut.

"Film adalah hasil kerja sama banyak pihak. Saya rasa ini kunci suksesnya," kata dia.

Sejak tayang pada 15 Agustus 2019 kemarin, dilansir dari laman filmindonesia.or.id, Makmum sudah meraup 575.434 penonton.

Dalam versi film bioskop, Makmum bercerita tentang seorang ibu bernama Ibu Kinanti (Jajang C Noer) yang sudah merasa renta dan tak sanggup lagi mengurusi asrama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X