Dengan Pencak Silat, Yayan Ruhian Menapaki Hollywood

Kompas.com - 26/10/2019, 10:08 WIB
Yayan Ruhian menghadiri buka puasa bersama dengan para pemain film Hit & Run di Lewis & Carroll di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanYayan Ruhian menghadiri buka puasa bersama dengan para pemain film Hit & Run di Lewis & Carroll di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019).
|
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Silat sudah mendarah daging dalam Yayan Ruhian. Lewat kemampuan silatlah nama Yayan mulai dikenal publik secara luas setelah menjadi aktor laga.

Debut Yayan di industri layar lebar lewat film berjudul Merantau (2009). Yayan berperan sebagai Eric, seorang pemuda Minang yang merantau di Jakarta. Pekerjaan Erik adalah membersihkan kekotoran di bisnis kriminal.

Dua tahun kemudian, nama Yayan melambung berkat perannya sebagai Mad Dog, karakter antagonis dalam film The Raid karya sutradara Gareth Evans.

Mad Dog merupakan tangan kanan gembong penjahat yang memiliki keahlian silat tinggi dan kejam.

Lewat film itu, juga dikenal pertarungan epik tangan kosong antara Mad Dog dengan Sersan Jaka yang diperankan oleh artis peran Joe Taslim.

Sekuel The Raid, The Raid 2: Berandal, Yayan kembali beraksi sebagai Prakoso yang lagi-lagi jago beladiri, tetapi lebih kalem.

Pada 2015, Yayan menorehkan sejarah untuk Indonesia lantaran menjadi aktor Indonesia yang bermain dalam film saga Star Wars. Yayan berperan sebagai Tasu Leech bermain dalam film Star Wars: The Force Awakens.

Karier Yayan semakin manis. Ia digandeng oleh sutradara O'Donnel untuk bermain film Beyond Skyline (2017) sebagai The Chief.

Baca juga: Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman Gunakan Senjata Tradisional Indonesia dalam John Wick 3

Salah satu aksi laga Yayan Ruhian dalam film The Raid (2011)SONNY PICTURES CLASSICS VIA IMDB Salah satu aksi laga Yayan Ruhian dalam film The Raid (2011)
Dan, pada 2019 ini bermain film John Wick: Chapter 3 – Parabellum bersama Cecep Arif Rahman.

Dalam film arahan sutradara Chad Stahelski itu, Yayan dan Cecep berperan sebagai pembunuh bayaran dan menghadapi tokoh utama John Wick diperankan oleh (Keanu Reeves).

Jauh sebelum berkecimpung di dunia film, Yayan adalah pelatih dan pemimpin perguruan Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) Indonesia. Yayan sudah menekuni bela diri sejak usia 13 tahun.

Baca juga: Yayan Ruhian Berulang Kali Peringatkan Cecep A Rahman Sebelum Dibanting Keanu Reeves

Dasar kemampuannya itu tidak hanya membawa nama Yayan sebagai seorang aktor laga, namun, juga dipercaya sebagai penata laga film-film action.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X