Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah tentang Mesin Tik Tom Hanks

Kompas.com - 05/11/2014, 22:36 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktor senior Tom Hanks akan segera menerbitkan buku koleksi mesin tik miliknya. Buku itu tidak sekadar memajang foto-foto koleksi mesin tik milik Hanks produksi tahun 1930-1990-an, tetapi juga memuat kisah di balik mesin tik tersebut.

Penerbit Alfred A Knopf mengatakan kepada Reuters, Senin (3/11/2014), penerbitan buku tersebut sudah pasti. Namun, buku itu belum ada judul dan mereka belum mengatur kapan buku itu akan dipublikasikan.

Hanks telah lama mengoleksi mesin tik kuno sejak 1978. Mesin tik yang ia koleksi bukan hanya mesin tik manual, melainkan juga mesin tik elektrik.

"Tidak ada alasan khusus mengapa saya mengoleksi mesin tik. Setiap kali melihat mesin tik, saya selalu tertarik," kata Hanks (58) seperti dikutip BBC News.

Buku yang akan diterbitkan nanti, kata Hanks, tidak hanya berkisah tentang mesin tik, tetapi juga bercerita tentang sesuatu yang mungkin saja pernah ditulis oleh mesin tik itu.

Sebelum buku, Hanks juga baru saja memublikasikan kerja pertamanya menulis fiksi ilmiah yang diterbitkan majalah The New Yorker berjudul Alan Bean Plus Four.

Aktor pemeran Forrest Gump ini membolehkan namanya dipinjam untuk program aplikasi bergerak bernama Hanx Writer.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimulasikan pengamalan mereka menggunakan mesin tik manual.

"Saya telah bertemu banyak penulis cerita yang hebat sepanjang hidup saya. Seperti seorang murid sekolah, saya sangat antusias bercerita tentang diri saya sendiri melalui buku," katanya. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com