Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Siti" Raih Dua Penghargaan di Shanghai

Kompas.com - 22/06/2015, 11:47 WIB
BEIJING, KOMPAS.com -- Film Siti, karya sutradara Eddie Cahyono, berhasil meraih dua penghargaan terbaik dalam Festival Film Internasional Shanghai 2015 atau yang ke-18, Tiongkok, pada 13-21 Juni lalu.

Film berdurasi 91 menit itu berhasil meraih penghargaan sebagai film dengan sinematografi terbaik dan naskah film terbaik untuk kategori New Asia Talent Competition, mengalahkan film-film lainnya dari Tiongkok, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, dan Iran. Informasi tersebut disampaikan oleh Konsul Penerangan dan Sosial Budaya, Konsulat Jenderal RI di Shanghai, Faraiddito Suharyono, kepada Antara di Beijing, Minggu (21/6/2015) waktu setempat.

Film itu menceritakan perjuangan hidup Siti sebagai seorang istri yang harus mengurus ibu mertuanya serta menghidupi keluarganya, setelah suaminya mengalami kelumpuhan karena kecelakaan ketika melaut. Siti bekerja berjualan peyek serta menjadi pemandu di sebuah rumah karaoke untuk menafkahi keluarganya dan membayar utang yang semakin menumpuk.

Ketika Siti bekerja sebagai pemandu karaoke, Bagus, suami Siti, keberatan dan tidak lagi mau berbicara dengan istrinya. Siti pun frustrasi dan bimbang ketika seorang polisi hadir dalam hidupnya dan mengajaknya menikah.

Sebelumnya, pada Festival Film Internasional Singapura 2014, Sekar Sari, pemeran Siti, meraih penghargaan Best Performance.

Festival Film Internasional Shanghai 2015 diadakan dengan menampilkan juri antara lain sutradara Rusia Andrey Zvyagintsev, aktris Tiongkok Hao Lei, penulis skenario Korea Hee Jai Kim, pembuat film Perancis Philippe Muyl, dan produser AS Ron Yerxa.

Didirikan pada 1993, Festival Film Internasional Shanghai merupakan satu-satunya festival film kompetitif Tiongkok yang mendapat lisensi dari The International Federation of Film Producers Associations. Festival itu diselenggarakan sebagai landasan untuk membangun dan memerkuat industri film Tiongkok serta kerja samanya dengan industri film asing.

Selama festival berlangsung, film Siti diputar sebanyak empat kali dan sempat ditonton pula oleh Konsul Jenderal RI di Shanghai, Kensy D Ekaningsih. (Rini Utami/Ruslan Burhani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com