Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putrinya Tawarkan Diri sebagai Pendonor Ginjal, Abdee "Slank" Terharu

Kompas.com - 20/08/2015, 21:27 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Gitaris band Slank, Abdee Negara, mengaku terharu ketika putri semata wayangnya, Alanis Nurulizah, menawarkan diri untuk menjadi pendonor ginjal.

"Yang saya kaget, saya enggak tahu ternyata anak saya sayang dan sangat perhatian sama saya. Ternyata, dia mikirin bapaknya. Padahal, enggak ada yang suruh dia mendonorkan. Waktu dia bicara dengan saya, dia bilang, 'Saya sudah pelajari, bisa enggak saya donor, enggak ada alasan untuk bapak menolak'," kata Abdee dalam wawancara usai jumpa pers Karnaval Khatulistiwa di kawasan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (20/8/2015).

Seperti diketahui, Abdee saat ini membutuhkan donor ginjal untuk mengatasi penyakit gagal ginjal yang dideritanya. Meski begitu, Abdee mengungkapkan bahwa ia tidak tega putrinya mendonorkan ginjal untuknya.

"Tapi buat saya, dia masih terlalu kecil. Terus terang saja, saya enggak tega," tuturnya.

Abdee sampai saat ini rutin melakukan cuci darah selama dua kali dalam sepekan sebagai proses terapi penyakit yang dideritanya tersebut. Sementara itu, sebelum melakukan tranplantasi ginjal, Abdee mengaku harus menyembuhkan beberapa penyakit komplikasi yang timbul akibat gagal ginjal.

"Sampai saat ini saya masih menjalani cuci darah dua kali seminggu. Udah ada juga beberapa calon pendonor ginjal bagi saya. Tapi, untuk jalani transplantasi kan tubuh harus benar-benar kuat, sementara buat saya karena penyakit ini sudah berlarut jadi banyak komplikasi. Itu harus disembuhkan dulu, kalau tubuh saya sudah benar-benar sembuh dari komplikasi itu dan bebas dari bakteri dan segala macamnya itu, baru proses transplantasi bisa dijalankan," jelas Abdee.

Menurutnya, proses transplantasi ginjal bisa dilakukan dengan parameter kondisi tubuhnya yang terkini. Bila bisa sembuh dalam waktu yang cepat, maka dalam waktu dua smapai tiga bulan operasi bisa dilakukan. Kata Abdee, pihak rumah sakit dan pendonor juga sudah siap.

"Tergantung kondisi saya juga, kalau bisa dalam waktu sampai tiga bulan ya mungkin bisa langsung bisa operasi. Kalau ternyata belum, ya ditunda dulu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com