Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Film Pendek Indonesia Akan Diputar dan Dibahas di Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 18/07/2016, 11:40 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Empat film pendek akan dipertontonkan dan dibahas dalam pemutaran film dan diskusi Indonesia dalam Film Pendek, yang akan diadakan di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selaran 17, Jakarta Pusat, pada Selasa, 19 Juli 2016, pukul 15.00-18.30 WIB.

Keempat film Indonesia itu adalah Dajang Soembi, Perempoean Jang Dikawini Andjing (Edwin); Kitorang Basudara (Ninndi Raras); Semalam Anak Kita Pulang (Adi Marsono); dan Prenjak (Wregas Bhanuteja).

Pemutaran film dan diskusi yang bisa dinikmati secara gratis tersebut akan diselenggarakan oleh BBJ bersama gramedia.com serta didukung oleh sejumlah media dalam Kelompok Kompas Gramedia, termasuk kompas.com.

General Manager Bentara Budaya Jakarta, Frans Sartono, menerangkan bahwa pihaknya akan mengadakan pemutaran film dan diskusi tersebut untuk para pembuat film dan para penonton.

"Membangkitkan apresiasi untuk yang membuat dan yang menikmati. Membuat itu dari sisi film maker-nya. Menikmati dan berapresiasi itu dari kalangan audience-nya," kata Frans kepada Kompas.com, Senin (18/7/2016), mengenai tujuan kegiatan itu.

Apalagi, salah satu film pendek yang akan ditampilkan, Prenjak, karya Wregas Bhanuteja, meraih Leica Cine Discovery Prize dalam Cannes International Film Festival 2016, yang diadakan di Cannes, Perancis, pada Mei 2016.

Menurut Frans, sekarang kaum muda suka membuat film pendek, dengan tema, gaya, dan bahasa sendiri.

"Mereka itu dengan bebasnya bisa memilih tema, topik apa pun, tanpa menggunakan pakem yang sudah ada di perfilman Indonesia sebelumnya. Misalnya, mereka berbicara dari efek Orde Baru. Mereka sangat bebas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com