Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sheila On 7: Kami Masih seperti Dulu...

Kompas.com - 27/02/2018, 09:00 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - "Sama seperti di film favoritmu, semua cara akan ku coba..." demikian sepenggal lirik lagu "Film Favorit" yang baru saja diluncurkan Sheila On 7 pada 29 Januari 2018 lalu.

Vokal Akhdiyat Duta Modjo terdengar begitu khas ketika melantunkan lagu yang lahir dari buah pikiran gitaris Eross Chandra. Komposisi ini selalu menjadi perpaduan apik yang mudah melekat di hati para pendengar musik mereka.

"Film Favorit" adalah karya yang lahir saat Sheila On 7 memasuki usia 22 tahun. Angka yang cukup dewasa untuk sebuah band bisa berdiri kokoh di industri musik zaman now ini.

Sudah melewati dua dekade, Sheila On 7 tentu saja mengalami banyak perubahan sejak mereka muncul pada era 90-an dengan single "Kita".

Kini, Sheila On 7 buka-bukaan tentang perjalanan mereka dari masa ke masa dalam kesempatan wawancara khusus dengan Kompas.com di kawasan Kemang, Selasa (30/1/2018).

Kendati pemain drum Anton Widiastanto mengundurkan diri pada 2004 lalu dan gitaris Saktia Ari Seno ikut berpamitan dua tahun setelahnya, Sheila On 7 disebut tetap seperti yang dulu. 

"Sheila On 7 itu vokalis (Duta), gitaris (Eross), dan bassisnya (Adam) tidak berubah," kata Erros.

Baca juga : Sheila On 7 Tampil Lebih Segar di Film Favorit?

Posisi Anton langsung digantikan oleh Brian Kresna Putro. Bagi Brian, kesempatan ini seperti mimpi yang jadi nyata.

"Kalau dulu saya berangkatnya memang senang sama karya-karyanya mereka, jadi ya saya saat itu kayak menjalani mimpi aja gitu, tidur dengan mata terbuka," ucap Brian.

"Maksudnya, saat itu salah satu sempat terucap juga dari mulut saya, 'Wah kayaknya asyik juga ngeband kalau bandnya kayak Sheila on 7'. Itu sebelum masuk (bergabung dengan Duta dkk)," sambungnya.

Pasalnya, sebelum bergabung Brian sudah bisa dibilang sebagai Sheila Gank, sebutan penggemar Sheila On 7. Hal inilah yang akhirnya memudahkan Brian menyatu dengan personel lainnya.

"Saat itu memang aku cukup intens mendengarkan perkembangan mereka dari album satu sampai empat, saya punya," kata Brian.

"Karena berangkatnya dari situ udah tahu karya-karyanya mereka ya lebih mudah buat saya, ibaratnya lagu-lagu Sheila udah di luar kepala sih, tinggal ngegabungin spirit dan faith-nya aja sih yang di panggung," lanjutnya.

Duta menjelaskan, Anton dan Brian adalah penabuh drum dengan ciri yang berbeda. Namun sebagai 'anak baru', Brian sepertinya lebih beruntung. Sheila On 7 menerima Brian tanpa memberikan tekanan untuk bisa seperti drummer sebelumnya.

Baca juga : Duta Ungkap Penyebab Sheila On 7 Molor Rilis Film Favorit

"Anton tuh dulu lebih jazzy, dia influence-nya banyak drummer-drummer yang lebih jazz, Brian ini dia lebih rock mainnya. Sampai kapanpun Brian enggak akan bisa gantiin identitasnya Anton sebagai drummer awalnya Sheila On 7," jelas Duta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com