Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Anji Berhadapan dengan Penggemar Fanatik EXO

Kompas.com - 02/04/2018, 05:18 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jagat media sosial dihebohkan isu plagiasi yang melibatkan vokalis Erdian Aji Prihartanto atau Anji (38) dengan sejumlah EXO-L, sebutan bagi penggemar boy group asal Korea Selatan, EXO.

Isu itu berawal dari posting Anji di akun Instagram-nya, @duniamanji, pada Sabtu (31/3/2018). Ia memberi judul video itu "Mirip = Plagiat?".

Video itu menampilkan cuplikan video musik lagu berjudul "Someone Like You" yang dibawakan EXO-CBX. Lagu itu dirilis pada 24 Maret 2018 dan merupakan soundtrack drama seri berjudul Live.

Para member EXO-CBX, (dari kiri) Chen, Xiumin, dan Baekhyunsoompi.com Para member EXO-CBX, (dari kiri) Chen, Xiumin, dan Baekhyun
Sebagai informasi, EXO-CBX adalah sub-unit dari EXO yang terdiri dari tiga dari sembilan member-nya, yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin.

Berikutnya tampil lagu milik Anji "Kekasih Terhebat" versi Mandarin-Indonesia, hasil kolaborasi Anji dengan penyanyi Ming Bridges. Versi ini dirilis pada 2016. Versi asli "Kekasih Terhebat" dirilis pada 2011.

 

• [video] LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. . Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. . Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? . Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. . Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. . . Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges . . #TuliskanPendapatmu #TanpaPerluMarah

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on Mar 29, 2018 at 8:55pm PDT

Sepintas, irama bagian awal lagu tersebut memang mirip. Namun, upaya Anji memberikan pendapat kepada warganet apakah ada unsur kemiripan itu menuai kontroversi.

Penggemar boyband di bawah naungan SM Entertainment itu mempertanyakan maksud Anji mengunggah hal tersebut. Mereka tidak suka Anji menyebut idolanya sebagai plagiat. Di sisi lain, ada pula yang mendukung Anji terkait penjelasannya.

Alasan Anji dan Caci Makian

Saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (31/3/2018), Anji menjelaskan motifnya mempertanyakan kemiripan lagu baru EXO-CBX dengan karyanya lewat media sosial.

"Di posting-an itu saya bilang, coba nih kalau ada lagu (ciptaan musisi Indonesia) mirip dengan lagu luar, lagu Korea misalnya, itu musisi Indonesia dikata-katain," ujar Anji saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/3/2018).

"Nah, ini ada lagu Korea mirip dengan lagu saya. Menurut kalian bagaimana? Saya bukan bilang ini plagiat. Tapi, saya justru bilang bahwa apakah ini plagiat? Saya mau tanya objektivitas mereka," sambungnya.

Anji mengaku hanya ingin mengetahui pendapat warganet, jika ada lagu luar negeri mirip dengan lagu ciptaan musisi Indonesia. 

Namun yang terjadi setelah mengunggah hal itu adalah ia dihujani berbagai komentar negatif.

Pasalnya menurut Anji, yang selama ini terjadi, warganet selalu mengolok-olok musisi Indonesia jika karyanya mirip dengan musisi luar negeri.

"Pada saat mereka kata-katain, sampai nyumpahin mati, menurut saya itu yang berlebihan. Enggak boleh," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com