Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rafi Sudirman Belajar Musik dari Internet

Kompas.com - 16/08/2018, 19:54 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak banyak yang tahu bahwa penyanyi Rafi Sudirman (14) belajar musik melalui internet. Hal itu diungkapkan oleh ibunda Rafi, Anggarainy Damanik.

"Dia belajar hanya lewat internet," ujar Anggarainy Damanik alias Rany kepada pemandu acara Novita Angie ketika menjadi pembicara dalam acara peluncuran buku Digital Parenthink di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018).

Rany berujar bahwa Rafi termasuk anak dengan karakter yang cenderung pendiam ketika bersosialisasi. Begitu pun dengan aktivitas sehari-hari, tak banyak yang Rafi lakukan selama di luar rumah.

"Soalnya anaknya diam-diam aja, saya saat itu aja bingung," kata Rany.

Namun, di balik itu ada kemampuan lain yang dimiliki Rafi. Diam-diam, dia bisa memainkan alat musik hanya dengan belajar dari situs berbagi video.

Baca juga: Ada yang Membuat Ahok Terpukau Ketika Menonton Konser DARR 2

Bahkan, kata Rany, Rafi tak sungkan untuk bertanya kepada para pemusik lewat pesan direct message (DM) pada media sosial.

Hal itu dibenarkan oleh Rafi. Ia mengaku tidak sungkan untuk bertanya kepada pemusik lewat akun media sosialnya.

"Suka DM mereka gimana caranya. Kalau kalian semua punya niat, pasti bisa," kata Rafi.

Rafi, yang namanya melambung berkat bergabung dalam program Di Atas Rata Rata generasi kedua (DARR 2) itu mengaku belajar musik saat duduk di bangku kelas 3 SD.

"Aku belajar dari kelas 3 SD. Aku pertama belajar gitar, nyanyi, terus ngulik-ngulik musik yang aku suka. Sekarang saksofon," kata dia.

Lebih lanjut Rany mengatakan, meskipun Rafi belajar secara otodidak, ia tetap mendaftarkan anaknya kursus musik agar memahami teori-teori bermusik.

"Enggak lama-lama. Irit biaya juga ha-ha-ha. Setelah itu Rafi minta petunjuk aja. Kan kalau les itu belajar partitur, partitur harus lewat les," kata Rany.

Baca juga: Raffi Sudirman Tak Bisa Diam di Panggung DARR 2: Bikin Konser

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com