Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPI Pusat Beri Sanksi Teguran untuk Sinetron Anak Langit

Kompas.com - 20/05/2019, 15:04 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber kpi.go.id

KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat melayangkan teguran tertulis kepada sinetron Anak Langit yang tayang di SCTV.

Menurut Komisioner KPI Pusat, Hardly Stefano, teguran tersebut sebagai bentuk sanksi karena program itu kedapatan melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

“Program siaran tersebut menampilkan adegan seorang wanita yang menyalakan dan melempar korek api ke rumah hingga terbakar," kata Hardly dalam lama kpi.go.id, seperti dikutip Kompas.com, Senin (20/5/2019).

"Perlu diketahui, program siaran dengan klasifikasi R sepatutnya mengandung muatan atau gaya penceritaan yang sesuai dengan perkembangan psikologis remaja,” tambahnya.

Berdasarkan pengaduan masyarakat, hasil pemantauan dan analisis, KPI Pusat mencatat bahwa pelanggaran terjadi dalam episode Anak Langit yang tayang pada 14 April 2019 pukul 17.06 WIB.

Baca juga: Ini Sosok Pengganti Ammar Zoni dalam Sinetron Anak Langit
 

KPI Pusat tegur sinetron Anak Langit.Instagram/KPI Pusat KPI Pusat tegur sinetron Anak Langit.
Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas kewajiban program siaran memerhatikan dan melindungi kepentingan anak serta larangan program siaran menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku tidak pantas.

“Berdasarkan pelanggaran itu, kami memutuskan memberi sanksi administratif teguran tertulis,” ucap Hardly.

Tak hanya itu, Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat ini mengungkapkan bahwa dalam beberapa tayangan Anak Lagit selama April, yakni tanggal 19 hingga 21, 25, dan 30 April 2019, ditemukan juga muatan perkelahian antar geng.

"Kami meminta pihak televisi segera melakukan perbaikan internal dan menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Kami berharap tidak ada lagi pelanggaran di dalam program ini," kata Hardly.

Baca juga: KPI Tegur Comedy Traveler karena Tayangkan Adegan Ciuman Bibir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber kpi.go.id
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com