Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Ali Topan Anak Jalanan" Segera Digarap

Kompas.com - 24/05/2015, 00:08 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah tiga tahun vakum menggarap sebuah film, sutradara John De Rantau (45) bakal menggarap ulang film adaptasi novel karya Teguh Esha, Ali Topan Anak Jalanan. Sebelumnya, film tersebut pernah diproduksi pada 1976 dan pernah pula dibuat sinetron berseri pada 1997.

"Saya senang soalnya setelah tiga tahun merasa bosan dengan film-film Indonesia dengan tema-tema yang itu-itu saja, dan saya memutuskan untuk tidak bikin film selama tiga tahun itu, saya diberi kesempatan untuk membuat film ini," kata John dalam konferensi pers pra produksi film Ali Topan Anak Jalanan di kawasan Bulungan, Jumat (22/5/2015).

Menurut John, semangat Ali Topan perlu dikenalkan kepada anak muda zaman sekarang. "Ali Topan adalah produk anak gedongan yang bisa bergaul dengan siapa saja. Dia itu tokoh idola dan selalu melakukan pemberontakan terhadap ketidakadilan yang terjadi di depannya. Ia melakukan pemberontakan dengan alasan yang benar, tidak memberontak tanpa arah. Dari situ, saya melihat bahwa tokoh Ali Topan ini bisa menginspirasi anak muda zaman sekarang," tutur John.

"Ali Topan adalah tokoh yang tak lekang oleh zaman. Itu adalah spirit yang ingin saya angkat. Makanya, saya tertantang untuk membuat kembali film ini," tambahnya.

Dengan mengenalkan karakter Ali Topan, sebagai sutradara John berharap para penontonnya dapat terinspirasi. "Anak muda adalah embrio yang baik yang harus diajari untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Nah, dengan bikin film ini, saya berharap tokoh Ali Topan bisa jadi inspirasi anak muda untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan bisa menjadi ikon anak muda zaman sekarang," ujar sutradara film Denias: Senandung Di Atas Awan tersebut.

Proses produksi film Ali Topan Anak Jalanan diagendakan akan berlangsung mulai 22 Juni mendatang dengan menampilkan artis peran pendatang baru, Ardian Archard, sebagai tokoh Ali Topan.

Selain Ardian Archard, film ini juga akan menampilkan beberapa artis senior, antara lain Tio Pakusodewo, Djenar Maesa Ayu, Jajang C Noer, Ray Sahetapy, Roy Marten, hingga Dewi Irawan. Sang penulis novel, Teguh Esha, rencananya juga akan ditampilkan di film ini sebagai cameo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com