Sheila on 7 Belajar Patuhi Jadwal Kerja

Kompas.com - 28/11/2017, 18:46 WIB
Band Sheila on 7 tampil pada hari ketiga Kulon Progo Festival 2017 yang digelar di Bendung Khayangan, Kulon Progo, MInggu (26/11/2017). KOMPAS.COM/KISTYARINIBand Sheila on 7 tampil pada hari ketiga Kulon Progo Festival 2017 yang digelar di Bendung Khayangan, Kulon Progo, MInggu (26/11/2017).
|
EditorIrfan Maullana

KULON PROGO, KOMPAS.com - Sudah tiga tahun terakhir grup band Sheila on 7 menjadi band indie. Duta dan kawan-kawan memilih pindah haluan ke jalur independen pada 2014 lalu setelah merilis album Musim yang Baik.

Vokalis Sheila on 7, Duta,  mengungkap bagian tersulit ketika mereka berkarya secara mandiri.

"Enggak (sulit) sih. Cuma kesulitan sebenarnya lebih ke kami sendiri. Mematuhi timeline kami sendiri, itu yang susah," kata Duta saat ditemui usai mengisi pergelaran Kulfest 2017 di Bendung Khayangan, DI Yogyakarta, baru-baru ini.

Baca juga : Rela Becek-becekan demi Sheila on 7

Kondisi ini jauh berbeda ketika mereka dulu di bawah naungan label rekaman besar. Jadwal manggung, pembuatan album dan rilis, hingga promosi sudah ada target waktunya. Mereka tinggal mengikuti saja.

"Ibaratnya ada yang ngejar-ngejar. Dulu ya, awalnya ya. Record company yang terakhir-terakhir, ya kami yang ngejar-ngejar sih he-he-he. Ya sekarang kami belajar mematuhi timeline kami sendiri," kata pemilik nama lengkap Akhdiyat Duta Modjo itu.

Dalam waktu dekat, Sheila on 7 akan melempar sebuah singel baru berjudul "Film Favoritmu". Karya bermusik pertama yang siap mereka lahirkan sebagai band indie.

Baca juga : Film Favoritmu, Pijakan Sheila on 7 untuk Mandiri

Lalu apakah "Film Favoritmu" akan bermuara pada sebuah album 2018 nanti?

"Insya Allah. Singel keluar aja dulu, tapi proyeksinya jelas album," kata Duta sambil tersenyum.

Sebagai informasi, sebelum memilih berkarya secara indie, selama 16 tahun Sheila on 7 berada di bawah naungan Sony Music Entertainment Indonesia.

Baca juga : Eross Sheila on 7: Benar-benar Seperti Belajar Main Gitar Lagi

Sheila on 7 telah menelurkan sejumlah album. Di antaranya, Sheila On 7 (1999), Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000), 07 Des (2002), Pejantan Tangguh (2004), 507 (2006), Menentukan Arah (2008), Berlayar (2011), dan Musim Yang Baik (2014).

Mereka juga menggarap album soundtrack film 30 Hari Mencari Cinta (2003) dan merilis album terbaik, The Very Best of Sheila On 7: Jalan Terus (2005).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X