Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Uniknya Ringgo Agus Rahman Belajar Empat Bahasa dalam Waktu Singkat

Kompas.com - 05/12/2017, 19:23 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Karakter Din, seorang pemandu wisata di Swiss, dalam film Satu Hari Nanti berhasil membuat seorang Ringgo Agus Rahman bekerja keras.

Bukan cuma tentang perannya yang lebih serius, tetapi tuntutan untuk bisa berbagai macam bahasa. Dalam film arahan sutradara Salman Aristo ini Ringgo harus berbahasa Swiss-Jerman, Inggris, Thailand, dan Tamil (India).

Lalu bagaimana ayah satu anak ini berlatih dalam waktu singkat alias sepuluh hari?

"Saya tulis beberapa bahasa di tembok, di rumah. Supaya bangun tidur ngeliat itu, makan, ngeliat itu," kata Ringgo sebelum gala premier film Satu Hari Nanti di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2017).

[Baca juga : Produser Satu Hari Nanti Ceritakan Ketatnya Aturan Shooting di Swiss]

Ringgo juga mengucapkan satu dialognya dalam bahasa Tamil yang menurut dia paling membekas sampai sekarang.

"Kebetulan saya sama istri paling ingat itu. Artinya, musik itu lebih enak kalau misalkan kita nyanyiinnya rame-rame, barengan. Itu bahasa Tamil, bukan bahasa Hindi," ujarnya.

Sebetulnya ia dan pemain lain didampingi pelatih bahasa, namun Ringgo juga tetap berusaha memperlancar bahasa Swiss-Jerman-nya dengan orang-orang lokal di sana.

"Untuk ngomong Swiss-Jerman itu butuh penyesuaian. Harus belajar dari orang sana langsung. Soalnya ada Perancis-nya juga. Ada tokoh namanya Albert, dia yang ngajarin saya cara ngomong," kata Ringgo.

[Baca juga : Ringgo Agus Rahman Belajar Banyak Bahasa untuk Satu Hari Nanti ]

Aktris Adinia Wirasti, lawan main Ringgo, dalam film ini mengungkap sulitnya belajar bahasa Swiss-Jerman.

"Di Swiss bahasa ada empat. Perancis, Itali, Roma dan Swiss-Jerman. Kami di Jakarta belajar Jerman-Jerman, bukan Swiss-Jerman. Jerman-Jerman dan Swiss-Jerman kadang artinya beda. Bedanya kayak bahasa Indonesia dan bahasa Melayu," ucap Adinia.

Film Satu Hari Nanti mengangkat kisah tentang kegelisahan anak-anak muda dalam membangun komitmen ini di Swiss, baik dalam cinta, keluarga, maupun pekerjaan.

Lika-liku pertemanan dan kisah cinta yang kelam tumbuh bersama dalam mencari makna akan jati diri mereka di negeri orang.

Film yang akan tayang mulai 7 Desember 2017 ini menghadirkan Adinia Wirasti (Alya), Ringgo Agus Rachman (Din), Ayushita (Chorina), Deva Mahenra (Bima). Serta aktor kawakan Donny Damara yang berperan sebagai ayah Alya.

[Baca juga : Alasan Film Satu Hari Nanti Berani Sasar Penonton 21 Tahun ke Atas]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+